Sambut HBA ke-63 dan HUT IAD ke XXIII Tahun 2023, Kejati Kepri Gelar Donor Darah

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Dalam rangka menyambut hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 63 dan Hari Ulang’ Tahun IAD ke XXIII tahun 2023, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau menggelar kegiatan Donor Darah, di Aula Sasana Baharudhin Lopa.Senin (17/07/23).

Dalam kesempatan ini, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau Dr. Rudi Margono, SH., M.Hum didampingi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau M. Teguh Darmawan, S.H., M.H juga mengikuti kegiatan “Donor Darah” ini.

Kegiatan Donor Darah terselenggara atas kerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau dan diikuti 40 orang Pendonor, terdiri dari Kajati,

Wakajati, para pegawai, tenaga honorer pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Kejaksaan Negeri Bintan, anggota Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) serta beberapa pegawai instansi Kepabeanan dan Cukai yang dilaksanakan di lingkungan Kantor Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Dr. Rudi Margono, SH., M.Hum menyampikan, dalam menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan HUT IAD ke-XXIII Tahun 2023 bahwa dapat dimaknai kegiatan Donor Darah ini merupakan wujud nyata kepedulian Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau yang secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah dan memberikan sumbangan kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Riau.

Menurut Kajati Kepri, Kegiatan ini dinilai baik serta menyehatkan, selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat karena dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh seperti dapat mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan membantu meningkatkan produksi darah merah, ” ungkapnya.

Sebelum melakukan Donor Darah, calon pendonor akan dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan.

“Tidak kalah penting sebelum melakukan donor darah, dapat dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan Donor, ”  pungkasnya.

(Redaksi)

Komentar