14 Napi Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Dites Urine, Ini Penjelasan Kalapas

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan)  – Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang melaksanakan tes urine terhadap 14 orang Warga Binaan di dalam Blok hunian, Selasa (04/07/23).

Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Edi Mulyono/f.dok.Rat .
Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Edi Mulyono/f.dok.Rat .

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono membenarkan terkait kegiatan tersebut, Dirinya menyampaikan Tes Urine dilaksanakan oleh Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas.

“Tes Urine dilaksanakan secara acak di setiap bloknya, sebagai bentuk deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta upaya Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang menjadi Lapas yang bersih dari Narkoba, ” jelasnya ke Jurnalutama.com, Rabu (05/07/23).

Lebih lanjut dikatakan Kalapas, Alhamdulillah untuk hasil Tes Urine 14 WP tersebut tidak ditemukan Warga Binaan yang menggunakan obat – obatan terlarang (Negatif Narkoba- red), dan Lapas Narkotika aman terkendali, ini saya tekankan terus diwaktu apel ke anggota baik di pengamanan maupun di Staf , di Tiga bulan kita evaluasi dan kita laksanakan Tes urine secara berkala, ” ujarnya.

Masih kata Kalapas, Dimana tes Urine ini bantuan dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau dengan tujuan sudah tidak ada lagi penyalahgunaan narkoba, Apabila ada pelanggaran kami cabut hak- haknya WBP tersebut di sel, dan diamankan di blok pengendali Narkoba sesuai aturan yang berlaku Tatip di Lapas, ” tegas Edi.

Diakhir Edi Mulyono juga menghimbau, memerintahkan seluruh jajarannya untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif di Lapas.

“Kegiatan deteksi dini ini tetap harus ditingkatkan guna menghindari ancaman gangguan Kamtib yang bisa saja terjadi kapanpun. Dengan jumlah petugas yang masih sangat kurang, maka perlu inovasi terbaru dalam deteksi dini gangguan Kamtib, rumah kita jangan dikotori dengan dengan barang terlarang, jaga Marwah Pemasyarakatan, ” tegasnya.

Tidak hanya itu, Lanjut Edi Mulyono, Kegiatan pemerikasaan dan penertiban instalasi listrik liar juga akan rutin dilaksanakan oleh Kasi Adm Kamtib beserta jajaran, ” tutur pungkasnya ramah.

(Ratih)

Komentar