36 WB Lansia Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Ikuti Senam Bersama, Ini Harapan Maman Herwaman 

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Sejumlah 36 Warga Binaan (WB) Lansia Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang antusias mengikuti kegiatan senam bersama.

Hal ini merupakan upaya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau dalam melakukan berbagai program sebagai upaya memenuhi hak Warga Binaan khususnya dalam hal pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan yang sudah memasuki lanjut usia (Lansia).

Hal ini dibenarkan Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang Maman Herwaman, Dirinya menyampaikan, Sebanyak 36 (tiga puluh enam) Warga Binaan yang masuk kategori Lansia antusias mengikuti senam bersama.

“36 Warga Binaan pada pagi ini sangat antusias mengikuti senam bersama, senam bersama ini kita adakan, sekali dalam seminggu, kita laksanakan di ruang besukan (Kunjungi – red) Lapas untuk melatih Kesehatan fisik mereka, ” terangnya ke awak media Jurnalutama.com, Jum’at (08/12/23).

Dijelaskan Kalapas, Kegiatan dimaksud dipimpin oleh tenaga kesehatan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang (Dokter dan Perawat-red), senam lansia mengambil gerakan-gerakan sederhana agar mudah diikuti.

Tidak hanya itu, usai melakukan senam Lansia, kegiatan dilanjutkan dengan sesi relaksasi.

“Tujuan dan harapannya untuk mengurangi tingkat kecemasan yang sering dikeluhkan Lansia, ” terang Kalapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang sangat mendukung akan kegiatan ini.

“Lansia itu merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu kita perhatikan kesehatannya. Program senam lansia ini kita laksanakan secara rutin setiap minggunya,” ungkapnya.

Dalam kegiatan senam bersama tersebut Warga Binaan Lansia tampak antusias dan semangat mengikuti kegiatan.

“Badan rasanya lebih segar habis senam apalagi dikasih makanan tambahan makin seger jadinya, ” ujar salah satu Warga Binaan Lansia.

Ditambahkan Maman Herwaman, Selain senam dan pemberian makanan tambahan juga dilakukan pengecekan kesehatan (tensi) terhadap Warga Binaan Lansia tersebut, ” pungkas Kalapas.

(Ratih)

Komentar