Aksi Demo di Kantor Pertanahan Jaktim Ricuh, Massa Dorong – Dorong Pagar

Penulis :

Jurnalutama.com Jakarta – Demo massa di depan Kantor Pertanahan, Jakarta Timur, berakhir ricuh. Aksi Massa dengan mendorong-dorong pagar memaksa masuk ke Kantor Pertanahan, Kamis (16/03/23).

Terlihat massa aksi berteriak sambil memaksa masuk kantor pertanahan. Secara bersama, mereka tampak mendorong pagar yang saat itu ditutup.

Di bagian dalam kantor, petugas kepolisian bersiaga menenangkan massa aksi. Tampak petugas menahan pintu yang dicoba didobrak mereka.

“Buka, buka, buka..!!!, teriak massa sambil mencoba mendobrak pintu.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Budi Sartono membenarkan adanya demo tersebut. Massa menuntut penyelesaian PTSL.

” Massa dari Aliansi Pejuang Tanah untuk Rakyat (APTR) dan Gerakan Mahasiswa Pemuda Jakarta (AMPJ). Massa menuntut penyelesaian PTSL, saat ini massa telah bubar. Situasi di lokasi kondusif, ” jelasnya ke Jurnalutama.com.

Terpisah, Kapolsek Cakung Kompol Syarifah Chaira mengatakan aksi unjuk rasa digelar terkait Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebanyak 200 massa mulai melakukan aksi unjuk rasa sejak pukul 10.00 Wib.

Saat itu massa mencoba merangsek masuk ke dalam Kantor Pertanahan dengan mendorong gerbang masuk. Kendati demikian, aksi tersebut berhasil dicegah petugas.

“Iya (ricuh), tapi pengamanan masih melekat di pagar, massa masih tetap di luar pagar, ” kata Syarifah Rabu (15/3/2023).

Selain itu, Dia juga menyebut kericuhan tak berlangsung lama. Saat ini massa aksi sudah membubarkan diri dari Kantor Pertanahan.

“Pagar belum jebol, hanya penyangga saja robek. (aksi unjuk rasa) sudah bubar, ” pungkasnya.

(Anto.S)

Komentar