APBD-P Kabupaten Siak Menjadi Dana Pokir Dewan, Para Kadis Gigit Jari 

Penulis :

Jurnalutama.com (Siak) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forkorindo menyayangkan dana Pokok Pikiran (Pokir) setiap anggota dewan yang dijadikan dalam bentuk proyek fisik di setiap Daerah Pemilihan (Dapil)-nya yang dititipkan ke dinas – dinas di Kabupaten Siak, namun setelah jadi paket pekerjaan tetap ngotot dewan tersebut yang punya Pansus menentukan.

Hal ini disampaikan Ketua LSM Forkorindo (Forum Komunikasi Rakyat Indonesia ) Syahnurdin, Kamis (26/10/23) kepada Media ini di Siak.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Udin ini menyayangkan semua dana Pokok Pikiran (Pokir) yang dijadikan dalam bentuk proyek penunjukan Langsung (PL) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) TA 2023, semua diambil dewan, sehingga tidak bisa kebagian Kontraktor Lokal yang menjadi mitra Pemkab Siak dan yang lainnya .

Menurut Syahnurdin parahnya dana Pokok pikiran tersebut hampir disemua Satuan Kerja (Satker) OPD Kabupaten Siak, “ini sudah kelewatan dan keterlaluan anggota dewan dana Pokir mereka dititipkan ke dinas – dinas dijadikan proyek – proyek PL,” namun mereka juga yang menguasai siapa yang mereka inginkan kontraktor dikasih, sehingga dinas – dinas tidak bisa berbuat apa – apa, asal ditanya ini dana pokir dewan, katanya menjawab.

Ditambahkan Syahnurdin, seharusnya kepentingan dewan bukanlah proyek, namun bagaimana aspirasi masyarakat, jadi dana pokir itu sudah dijadikan proyek sebaiknya serahkan saja ke dinas masing-masing untuk membagi ke kontraktor lokal, bukan malah sebaliknya.

“Cukup saja pokir dijadikan proyek dan lokasinya dimana paket proyeknya apa, bukan malah dewan itu yang menentukan siapa dan mengambil pekerjaan,” tutur Syahnurdin.

Dirinya berani bicara dan ini fakta yang didapat dari semua OPD dalam investigasi dan koordinasinya hampir semua dinas, yang katanya Kepala Dinas tidak bisa berbuat apa – apa, karena pokir dewan. Kalau seperti ini sama halnya sistem Pokir terukur, terstruktur dan sistematis. Banyak keluhan kadis – kadis yang telah menyampaikan ke sosial kontrol,” ujar Syahnurdin”

Sehingga semua kontraktor lokal mitra Pemkab Siak mengeluh atas pokir tersebut ” tutur syahnurdin ”

Sementara itu media ini mencoba menjumpai beberapa kepala dinas di Kabupaten Siak sejauhmana dana pokir dewan yang dititipkan ke instansinya untuk dijadikan proyek malah mereka juga yang punya dan penentu.

(Timbul Sinaga)

Komentar