Bhabinkamtibmas Desa Kuala Maras Perkuat Kamtibmas dengan Sambang Desa

Penulis :

Jurnalutama.com (Anambas) – Bhabinkamtibmas Desa Kuala Maras, Polsek Jemaja, Polres Kepulauan Anambas, BRIPKA Mauliyaldi, melakukan kegiatan sambang desa binaan dan berkumpul bersama warga di Desa Kuala Maras, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas pada Jumat (05/07/2024). Kegiatan ini menjadi rutinitas anggota Bhabinkamtibmas dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Berkumpul bersama warga binaan sambil berbagi cerita menjadi sarana efektif bagi seorang Bhabinkamtibmas dalam mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kamtibmas. Bhabinkamtibmas disebut sebagai ujung tombak Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., melalui Kapolsek Jemaja, IPTU Aang Setiawan, S.H., mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas rutin sambang warga binaan guna pemeliharaan kamtibmas di desa. Keberadaan serta keaktifan Bhabinkamtibmas di tengah-tengah warga mempererat hubungan silaturahmi antara Polri dan masyarakat.

“Kegiatan sambang warga binaan dan berdialogis tersebut sangat penting dan efektif karena bisa bertemu langsung dengan masyarakat. Dengan demikian, dapat menemukan informasi-informasi yang berkembang di lingkungan masyarakat binaan terkait perkembangan situasi keamanan,” ujar IPTU Aang Setiawan, S.H.

Selain itu, Bhabinkamtibmas dapat menyampaikan himbauan-himbauan seperti mengajak warga untuk membantu Polri bersama-sama dalam menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing.

Dengan kegiatan sambang desa dan patroli dialogis ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat, terutama warga desa binaan. Kehadiran Bhabinkamtibmas ini juga diharapkan dapat mengurangi dan meminimalisir tindak kriminalitas.

(*/Rat)

Komentar