Cipta Kamtibmas Kondusif Jelang Pergantian Tahun Baru, Polres Bintan Gelar Patroli Gabungan

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Polres Bintan bersama dengan TNI dan Pemkab Bintan melaksanakan patroli gabungan skala besar untuk menjamin keamanan yang kondusif menjelang pergantian tahun 2023, Sabtu (30/12/2023) malam.

Tim gabungan patroli melaksanakan patroli kendaraan roda 4 yang mengitari seluruh wilayah daratan yang ada di Kabupaten Bintan.

Patroli gabungan dibagi dengan 2 sektor yaitu Sektor Utara dan sektor Timur, untuk Sektor Utara yang melakukan patroli di seputaran wilayah hukum Polsek Bintan Utara sedangkan sektor Timur mengitari wilayah Polsek Bintan Timur dan sekitarnya.

Sebelum melaksanakan patroli terlebih dahulu dilakukan apel persiapan untuk menentukan rute patroli dan tempat-tempat yang disinggahi.

Wilayah Polsek Bintan Utara dipimpin oleh Kapolsek Bintan Utara Kompol Suwitnyo, S.H sedangkan Polsek Bintan Timur dipimpin oleh Kapolsek Bintan Timur AKP Rugianto.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M mengatakan melalui Kasi Humas Iptu Missyamsu Alson bahwa patroli gabungan tersebut dilakukan untuk menciptakan kamtibmas agar tetap kondusif.

“Patroli gabungan yang dilaksanakan untuk menciptakan kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pergantian tahun 2023 ke tahun 2024, ” ujar Kasi Humas.

Iptu Alson juga menyampaikan bahwa saat ini Polres Bintan sedang melaksanakan operasi Lilin Seligi 2023 dan operasi Mantab Brata Seligi 2023-2024.

“Saat ini Polri sedang melaksanakan 2 operasi yang bersamaan yaitu Operasi Lilin 2023 yang difokuskan pada pengamanan Natal 2023 dan penyambutan tahun Baru 2024, sedangkan Operasi Mantap Brata difokuskan pada pengamanan rangkaian Pemilu 2023 dan 2024”, katanya.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam patroli skala besar tersebut sekitar 100 personel gabungan yang terdiri dari Polres Bintan, Batalyon B Satbrimob Polda Kepri dan TNI dengan menggunakan 18 unit mobil.

Patroli skala besar tersebut dimulai pada pukul 22.00 Wib yang memutari wilayah hukum Polres Bintan hingga pukul 03.00 Wib.

Selain melakukan patroli, personil gabungan juga melakukan himbauan kepada tempat usaha agar membuka usahanya sesuai dengan jam waktu yang sesuai izin yang diberikan oleh intansi terkait.

“Selain melakukan patroli berkendaraan personel gabungan juga menyambangi tempat-tempat keramaian seperti tempat hiburan dan memberikan mengingatkan pemilik agar membuka usaha sesuai dengan jam waktu izin yang diberikan, ” lanjut Kasi Humas.

Lebih lanjut, Personel juga menyambangi masyarakat dan remaja yang nongkrong hingga larut malam dan menasehati agar tidak melakukan pelanggaran apa lagi melakukan tindak pidana.

“Alhamdulillah, hingga selesainya pelaksanaan Patroli skala besar tersebut situasi aman dan kondusif, tidak ada kejadian yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas dan tidak ada ditemukan pelanggaran dan tindak pidana yang terjadi, ” tutup Iptu Alson.

(Rat/Red)

Komentar