Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai, Polwan Polda Kepri Siap Jadi Garda Terdepan 

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Polda Kepulauan Riau sedang mempersiapkan pola pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan tingkat kerawanan.

Karoops Polda Kepri Kombes Pol. Ulami Sudjaja,S.H., memberikan sosialisasi kepada Polwan Polda Kepri tentang pengamanan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu Serentak 2024 yang bertempat di Gedung Lancang Kuning Jumat (12/01/2024).

Dalam arahannya, Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., mengikuti instruksi Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., bahwa pola pengamanan TPS akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan. Pentingnya kolaborasi gender dalam pengamanan Pemilu 2024 ditekankan, dengan penekanan bahwa tidak hanya Polki (Polisi Laki-Laki), tetapi peran Polwan juga akan dioptimalkan sebagai garda terdepan dalam penyelesaian persoalan di masyarakat secara persuasif.

“Langkah ini sejalan dengan visi untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai, dengan Polwan memiliki peran sentral dalam menjaga ketertiban dengan pendekatan yang lebih persuasif dan terlibat secara proaktif dalam menyelesaikan masalah di masyarakat, ” ungkapnya.

Karoops Polda Kepri Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., menegaskan bahwa Polwan akan diterjunkan secara maksimal untuk mengamankan Pemilu 2024.

Mereka akan aktif terlibat dalam kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum, menciptakan pendekatan komprehensif dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu.

“Sebagai persiapan, personil Polwan akan menjalani berbagai pelatihan khusus, termasuk dalam pengamanan TPS. Pernyataan ini mencerminkan komitmen Polda Kepri untuk memastikan pelibatan maksimal Polwan dengan peningkatan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan tugas pengamanan, ” terangnya.

Karoops Polda Kepri, Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., menekankan bahwa peran Polwan Polda Kepri dalam mendukung pemilu damai tidak hanya terbatas pada pengamanan fisik TPS. Mereka siap menerjunkan negosiator handal di lapangan, berperan sebagai mediator untuk menyelesaikan konflik dan menjaga suasana demokratis.

Selain itu, Polwan juga aktif terlibat dalam kegiatan Sispamkota, memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

“Kita akan terjunkan para negosiator handal saat terjadi konflik di TPS. Harapannya polda semakin maju dan mandiri ke depan, sesuai arahan Pimpinan Polri. Dengan pelibatan Polwan dalam pengamanan tahapan pemungutan suara tersebut setidaknya membawa warna tersendiri dan menunjukkan kegigihan dan eksistensi Polisi Wanita dalam kontribusinya mengamankan jalannya Pemilu Serentak 2024 serta mengukuhkan peran Polwan dalam menjaga keadilan, ketertiban, dan perdamaian di tengah-tengah masyarakat Provinsi Kepulauan Riau, ” tutup Karoops Polda Kepri Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

(Rat/Red) 

Komentar