Dewan Pers Kembali Menggelar UKW 2023 Se-Provinsi Kepri

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang484 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme seorang wartawan, Dewan Pers kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Tahun 2023, dilaksanakan selama Dua hari yakni pada Jum’at – Sabtu ( 05 – 06 ) Mei 2023.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers ini dilaksanakan berkolaborasi bersama Persatuan Wartawan ( PWI) dengan Universitas Pembangunan Nasional ( UPN ) Jogyakarta, dengan diikuti Puluhan peserta Wartawan/Jurnalis se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), serta Lembaga Penguji Dewan Pers dan Pengawas, di Hotel Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (06/05/23).

Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan tersebut terlihat antusias para peserta ujian mengerjakan materi – materi yang sudah ditentukan dan dipersiapkan oleh para Penguji baik dari PWI maupun UPN Yogyakarta.

Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Dr RR Susilastuti DN M,Si dalam sambutannya menyampaikan secara bersama – sama dengan PWI kembali bergabung dalam Uji Kompetensi Wartawan yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan.

“Saya merasa sangat senang karena melihat antusias kawan dan teman – temen mengikuti Uji Kompetensi ini, walupun masih ada yang belum bisa mengikuti dikarenakan kendala transportasi, yang sebelumnya juga sudah kita kasih toleransi perpanjangan waktu, ” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Susi juga berpesan kepada para peserta diakhir sambutannya jadikan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini sebagai upaya peningkatan peran wartawan sebagai pejuang kebenaran di masa depan.

” Diharapkan Uji Kompetensi ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas wartawan yang mampu menyajikan sebuah berita yang benar ke depan, meletakkan peran kita sebagai pejuang kebenaran yang merupakan kunci kita maju bergerak, ” ucapnya.

Tidak hanya itu, Susi juga mengucapkan selamat kepada peserta Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) yang berkompeten dan berpesan kepada peserta yang belum Kompeten.

“Selamat kepada para peserta yang sudah kompeten, kata kunci jangan langsung berpuas diri, justru ini merupakan tantangan diri untuk semakin dijadikan apakah kita sudah layak untuk maju di tingkat Muda, Madya, ataupun Utama, karena kunci utama tugas kita maju terus belajar, ” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Bagi yang belum berhasil jangan merasa seakan – akan dunia ini tidak berputar, jadikan ini sebagai pusat pembelajaran dengan mencoba memperbaiki kekurangan ataupun kelemahan dengan terus belajar, bukan berarti tidak baik namun terus mencoba memperbaiki melengkapi kekurangan, dan bisa mengikuti dalam 6 bulan berikutnya, ” tuturnya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Tahun 2023 menurut Susi, di tahun 2023 ini, peserta dari UPN Veteran Yogyakarta sendiri sebanyak 24 orang dan 5 orang yang tidak berkompeten/belum lulus, sementara untuk 30 peserta dari PWI ada 3 peserta yang tidak hadir dan 4 peserta yang belum kompeten, ” pungkas Direktur UKW UPN Veteran Yogyakarta, Dr RR Susilastuti DN M,Si.

Di penghujung kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan kesan pesan dari pihak Dewan Pers Jakarta, Testimoni dari peserta UkW, dan diakhiri dengan ramah – tamah dan sesi foto bersama.

(Ratih)

Komentar