Disajikan Untuk Masyarakat, Rangkaian Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke 239

 

 

 

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Januari adalah bulan bersejarah untuk masyarakat Tanjungpinang. Tepat 6 Januari 2023, Kota Tanjungpinang akan merayakan hari jadinya yang ke-239.

Pemerintah kota Tanjungpinang telah menyiapkan rangkaian acara selama tiga hari, mulai 5 hingga 7 Januari 2023 mendatang.

Rangkaian diawali dengan Ziarah ke makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Daeng Celak, Daeng Marewah, Raja Haji Fisabilillah, komplek Engku Putri di makam Engku Putri Raja Hamidah dan Raja Ali Haji yang akan dilaksanakan pada 5 Januari 2023.

Pada 6 Januari 2023, dimulai sejak pagi pemko akan menggelar upacara sekaligus penyerahan beras kepada 1.000 kaum dhuafa di halaman kantor wali kota Tanjungpinang, dilanjutkan peresmian Masjid Quran Center, sholat Jumat, pengajian dan tausiyah yang rencananya akan menghadirkan Mukhtar Fatawi Al Hafidz seorang hafidz Internasional.

Agenda berlanjut di lapangan Pamedan Ahmad Yani, pada siangnya akan ada peresmian stan bazar dan malamnya diisi dengan pesta rakyat, yang akan menampilkan berbagai keragaman seni dan budaya yang ada di kota Tanjungpinang.

Selepas itu, pada 7 Januari 2023 akan ada senam sehat bersama di lapangan Pamedan Ahmad Yani. Tidak hanya sekedar senam, dalam acara ini nanti akan dibagikan kupon doorprize.

Acara terus berlanjut dengan penampilan kompang dari ibu-ibu majelis taklim se- kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan hari jadi Kota Tanjungpinang ini merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat, yang akan kita laksanakan bertepatan pada hari Jum’at, 6 Januari 2023.

“Ini hari yang berkah. Karena ini adalah hari bersejarah kota Tanjungpinang, yang dapat dimaknai inilah hari besar, milik semua masyarakat Tanjungpinang, ‘ kata Rahma ketika memimpin rapat finalisasi pelaksanaan peringatan Hari Jadi ke-239 Kota Tanjungpinang, di rumah dinas wali kota Tanjungpinang, Kepri, Selasa (27/12/2022) malam.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan setiap OPD, camat, lurah, dan LAM yang menjadi bagian panitia dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan hari jadi ke-239 kota Tanjungpinang dapat melaksanakan tugasnya masing-masing.

“Kita sepakati bersama, agar setiap rangkaian kegiatan berjalan lancar dan sukses. Mulai besok, panitia sudah bisa bekerja sesuai tugasnya masing-masing, ” ujar wali kota.

Dalam rangkaian ziarah makam nanti, Rahma juga meminta camat dan lurah untuk mengundang organisasi agama dan masyarakat di setiap titik kunjungan ziarah makam.

“Hari sakralnya itu di ziarah. Penghargaan kita untuk para leluhur. Karena itu, saya ingin masyarakat ikut terlibat, supaya tau kalau ini hari jadi kota Tanjungpinang, jadi meriah, ‘ ucapnya.

Berbagai suguhan keragaman seni dan budaya serta bazar yang kita sajikan di hari jadi nanti, kita persembahkan untuk masyarakat, “Totalitas untuk masyarakat biar mereka ikut merasakan hari bersejarah kota Tanjungpinang, ” tuturnya.

Rahma menyebut, peringatan hari jadi ke-239 kota Tanjungpinang 2023 mengusung tema “Bangkit Bersama Mewujudkan Masyarakat Berbudaya dan Ekonomi Cerdas”.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, Asisten Administrasi Administrasi Umum, Yuswandi, LAM Kepri Tanjungpinang, kepala dinas, kabag, camat, serta lurah.

(DK/Red)

Comment