Diskualifikasi Permanen: Rodhillah, Juara MTQ Kabupaten Natuna, Terhenti di Tingkat Provinsi

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Perlakuan diskriminatif dialami salah satu Qari asal Kabupaten Kepulauan Natuna akibat keputusan sepihak pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kepulauan Riau.

Keluarga merasa didzholimi atas perlakuan diskriminatif Sekretaris Harian LPTQ Kepri Riama Manurung.

“Kami meminta penjelasan alasan diskualifikasi Rodhillah melalui pengurus LPTQ Natuna bernama Sabirin, namun kami disarankan untuk menemui saudari Riama Manurung, ‘ ungkapnya ke awak media.

“Secara lisan mereka pernah
mengatakan mendiskualifikasi kepesertaan Rodhillah sebagai Qari Natuna untuk tidak bisa ikut pagelaran MTQH tingkat Provinsi Kepri. Namun sampai saat ini alasan itu tidak kunjung mereka berikan dan jabarkan tertulis,” kata Syahrul Ikhwan, Rabu (29/52024).

Lebih lanjut dikatakan, Kami menduga ada ketidakberesan yang sengaja dirangkai oleh seseorang dan pihak tertentu supaya anak kami tidak bisa ikut dalam gelaran MTQH tingkat Provinsi di Batam tempo hari,” ujarnya.

 

Ustadz Syahrul Ikhwan, orang tua Qari Rodillah asal Kabupaten Natuna saat memberikan keterangan/f.dok.Red.
Ustadz Syahrul Ikhwan, orang tua Qari Rodillah asal Kabupaten Natuna saat memberikan keterangan/f.dok.Red.

Syahrul menuturkan putranya memang pernah mengikuti ajang MTQ tingkat kabupaten Anambas, waktu kegiatan itu Rodhillah mendapat juara kedua.

“MTQ XI di Natuna Rodhillah mendapat juara pertama, berkat prestasi ini keluarga berharap Rodhillah dapat mengembangkan bakat dan kariernya di MTQH tingkat Provinsi,” sebutnya.

Dalam hal ini Syahrul sangat berharap keadilan dan transparansi terhadap pihak terkait untuk putranya.

“Sebagai warga negara kami minta keadilan dan transparansi para pihak yang telah mengubur harapan putera kami untuk berkarya, ” tegasnya.

Persoalan ini sudah dilaporkan langsung kepada Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad sebagai pimpinan tertinggi daerah. Berharap gubernur segera mengambil langkah-langkah dan keputusan yang adil dan bijaksana.

“Kami akan terus membawa permasalahan ini sampai kami menemukan solusi dan keadilan substantif,” pungkasnya.

Sementara, Pengurus LPTQ Natuna Sabirin telah mengetahui jika Rodhillah telah di diskualifikasi secara permanen oleh pengurus LPTQ Kepri, namun tidak menceritakan alasannya.

“Kalau masalah peserta Natuna atas nama Rodhillah benar pak tidak bisa didaftarkan di aplikasi e-mtq sebagai peserta MTQ Provinsi Kepri karena sudah diblok aplikasi oleh admin panitianya,” kata dia melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (29/5/2024).

Alasan diskualifikasi Rodhillah
karena sudah diberikan sangsi. Untuk lebih jelasnya mohon menghubungi ibu Mariamah sebagai panitia MTQ Provinsi..terima kasih pak,” sambung Sabirin.

Kemudian awak media ini kembali mengkonfirmasi kepada Mariamah terkait hal dimaksudkan namun dia mengatakan,
“Terdaftar saja tidak sebagai peserta, bagaimana saya mendiskualifikasi seseorang yang tidak terdaftar, ” ketus pungkasnya.

Dalam hal ini Panitia saling melempar argumen dan saling membela diri masing-masing. Ada Apa Dengan Jajaran Panitia LPTQ MTQ Kepri..?!!!. 

Komentar