Dua Jam Lebih Razia Blok Hunian, Ini yang Ditemukan Petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang 

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang melaksanakan razia rutin dan penggeledahan pada kamar hunian warga binaan (WP) kali ini menyasar di blok F Lapas. Selasa (30/01/24) pagi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjungpinang Maman Herwaman menyampaikan, kegiatan razia bersifat rutin dalam rangka menjaga gangguan Kamtib.

“Hari ini tepatnya pagi tadi, kami melaksanakan kegiatan razia rutin penggeledahan pada kamar (ruang) hunian Warga Binaan, ini bersifat rutin dan pada kali kita laksanakan di Blok F. Selain penggeledahan ruangan, kita juga melakukan penggeledahan badan, ” terang Maman.

Maman juga mengatakan, kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Kamtib, hasil penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang ataupun yang berkaitan dengan Narkoba.

“Selama Satu Jam lebih hampir Dua Jam kita lakukan penggeledahan, juga geledah badan. Alhamdulillah, tidak ada ditemukan barang terlarang/berbahaya seperti Sajam, ataupun obat- obatan sejenis narkoba. Kegiatan ini rutin kami lakukan secara acak di setiap kamar hunian dalam seminggu sekali, dan pada hari ini pas giliran di Blok F, ” tambahnya.

Lanjut Maman, kita dapatkan hanya parfum itu karena terbuat dari kaca yang bisa membahayakan dan kami amankan, juga kita temukan beberapa kabel-kabel yang takut nanti disalah gunakan, ” ujarnya.

Menurutnya, Apabila terdapat informasi tertentu yang dapat menimbulkan gangguan keamanan pihaknya sigap melakukan razia malam ataupun subuh hari.

“Misalnya kami mendapatkan informasi tertentu bahwa ada satu barang yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, kita langsing lakukan razia dan penggeledahan pada malam atau Subuh, ” tegasnya.

Terkait hal ini Maman Herwaman juga mengatakan, kami memberi sinyal kepada warga binaan bahwa kami petugas yang selalu mengamankan, memberikan rasa keamanan selain juga kami melakukan penegakan-penegakan sesuai ketentuan dan ketertiban di Lapas ini bisa terjadi dengan baik, ” kata dia.

Diakhir Maman Herwaman juga mengungkapkan bahwa setiap hari dirinya selalu melakukan motivasi dan himbauan terhadap warga binaannya.

“Hampir setiap hari kami melakukan himbauan secara formal, kami melakukan satu acara 17 dan tanggal 17 Kami selalu mengajak warga mengenal waktu selalu menjaga Marwah nama baik Lapas dengan baik jalani pidana yang anda lalui dengan sabar tetap semangat supaya nanti kembali kepada keluarganya pun dia dengan selamat dengan sehat, ” pungkasnya.

(Ratih)

Komentar