Peduli Masyarakat Kecil, Anggota DPRD Bintan Ajukan Penurunan Bea Pajak BPHTB 2023

Penulis :
Kanal : Berita, Bintan, Kepulauan Riau701 Views

Jurnalutama.com (Bintan) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemerintah Kabupaten Bintan yang juga merupakan tim Komisi II Tarmizi, terus perjuangkan dan membantu akan kepentingan – kepentingan masyarakat kecil khususnya di Bintan, dan dalam rapat Pansus yang dilaksanakan di Gedung DPRD Bintan pada Senin (07/08/23), Tarmizi mengusulkan terkait penurunan  pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan tahun 2023 ini.

“Kebetulan saya selaku Ketua Pansus, dalam rapat semalam sudah saya ajukan terkait penurunan bea Pajak BPHTB untuk membantu masyarakat kecil kita khususnya bagi para pedagang kecil yang tadinya masalah pajak makan minum bagi para pedagang kecil itu kan 10 Persen, tapi kita minta untuk pajak makan minum, seperti kedai kopi atau sejenisnya yang modal usahanya tidak melebihi dari 200 Juta itu pajaknya 5 persen, ” ucapnya ke awak media Jurnalutama.com, Selasa (08/08/23).

Lebih lanjut dikatakan, Kemudian itu Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) jadi kalau kita nilai sekarang pajaknya kan sebesar 5 Persen. Nah itu kita minta diturunkan, dan sudah kita ajukan semalam dalam rapat menjadi 2,5 Persen. 2,5 Persen itu transaksi yang dibawah 250 Juta, dengan tujuan agar masyarakat kita yang berpenghasilan rendah dapat terbantu dan tidak terlalu membebankan kepada mereka, ” tegas Tarmizi.

Tidak hanya itu, Tarmizi juga mengatakan, bagi masyarakat yang tadinya tidak dikenakan pajak sebesar 80 Juta dalam rapat Pansus tersebut juga diajukan sebesar 150 Juta.

“Jadi transaksi yang sebesar 150 juta itu tidak dikenakan pajak untuk BPHTB nya. Maksudnya transaksi dibawah 250  Juta itu tidak dikenakan pajak. Transaksi dibawah 250 juta itu BPHTB nya 2,5 yang tadinya 5 persen hanya jadi 2,5 persen, ” ungkapnya.

Diakhir, Tarmizi kembali menegaskan, hal ini kita ajukan dengan tujuan utama kita adalah untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tentunya bagi masyarakat yang belum memiliki rumah, otomatis mereka bisa memiliki rumah subsidi dan tidak terkendala lagi dengan bea BPHTB, ” pungkasnya.

(Ratih)

Comment