Gelar Apel Pasukan Operasional Keselamatan Seligi 2023 Ini yang Disampaikan Kapolresta Tanjungpinang

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Dalam rangka menciptakan dan mendukung kelancaran berlalu lintas serta memberikan pendidikan ke masyarakat pentingnya mengutamakan keselamatan pengguna jalan raya baik pengendara roda dua ataupun roda empat khususnya di Kota Tanjungpinang, Polresta Tanjungpinang menggelar Apel Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2023, di halaman Rupatama Polresta Tanjungpinang, ” Selasa (07/02/23).

Sebelum Gelar Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2023 ini, dilaksanakan terlebih dahulu Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., dengan ikuti seluruh jajaran terkait.

Kapolresta Tanjungpinang menyampaikan, Sasaran utama dalam operasi keselamatan Seligi Tahun 2023 yaitu masyarakat pengguna lalulintas jalan raya, baik bagi pengguna kendaraan roda dua, roda 4, dan juga pejalan kaki.

” Sasaran utama memberikan pendidikan masyarakat bagaimana mengutamakan keselamatan berlalulintas. Sementara atensi Pimpinan tiap pelanggaran akan diberikan peneguran, sehingga sasarannya itu masyarakat mengetahui bahwa setiap berlalulintas keselamatan harus diutamakan.

Apabila keselamatan sudah diutamakan maka tidak terjadi pelanggaran dan kecelakaan, ” ujar Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si.,

Apabila dalam pelaksanaan operasi ini ditemukan berbagai pelanggaran, lanjut Kapolresta, sementara akan kita gunakan teguran, akan tetapi pelanggaran kita klasifikasikan ada tiga, yang pertama pelanggaran ringan, sedang dan berat, ” tambahnya.

Lebih lanjut, Jika nanti kita temukan pelanggaran berat contoh seperti motor roda dua atau roda empat yang tidak mempunyai SIM, nanti akan kita serahkan ke Reskrim untuk ditelusuri lebih dalam, ” jelasnya.

Kemudian yang kedua, masih kata Kapolresta, demikian juga untuk roda dua, masyarakat yang tidak menggunakan Helm, akan kita tegur supaya balik ke rumahnya atau pinjam temen nya untuk mengenakan helm, ” katanya.

Lebih dalam dikatakan, Sementara penilangan kita perkirakan, Intinya terkait operasi hari ini yaitu himbauan dan pendidikan berlalu lintas, ” jelas Kapolresta saat wawancara ke beberapa insan Media.

Diakhir, Kapolresta juga menghimbau kepada Pengguna lalu lintas laut di saat cuaca saat ini, diharapkan mengutamakan keselamatan.

” Untuk para Nelayan sudah terdesak untuk tetap menggunakan lalulintas di laut utamakan Safety Belt, terutama untuk jaket pelampung, Nanti kita akan kerja sama dengan KSOP mengingatkan sebelum berangkat kapal – kapal itu harus menyiapkan pelampung sejumlah penumpang.

Demikian juga untuk pompong, kemarin kita juga sudah melakukan pemeriksaan bersama KP3, ke beberapa nelayan lengkapi dulu pelampung, karena salah satu angkutan di Tanjungpinang ini adalah menggunakan pompong atau perahu, ” pungkas Kapolresta Tanjungpinang.

(Ratih)

Komentar