Hari Amal Bhakti Kemenag RI, Gubernur Ansar Bacakan Amanat Menag Yaqut Cholil Qoumas

Penulis :

Jurnalutama.com.(Tanjungpinang) – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad membacakan pidato dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI Ke-77 di Kantor Kanwil Kemenag Kepri di Senggarang, Tanjungpinang, Selasa (03/01/22).

Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, Kemenag RI mencanangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh jajaran Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji bangsa Indonesia, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024.

“Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai, ” ujar Gubernur Ansar.

Di tahun politik ini, Menteri Agama RI menyebutkan potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi.

“Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai. Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial,” kata Gubernur Ansar.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, Keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.

Terakhir, melalui peringatan HAB ke-77 ini Yaqut Cholil Qoumas berpesan untuk menjadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kementerian Agama harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upacara Hari Amal Bhakti di Kakanwil Kemenag Kepri juga disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah orang yang berdedikasi untuk umat.

Diantaranya Drs. H. Erman Zainudin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan dari Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2022, H. Fasri Bachmid Kepala Prasarana Pemukiman Kementerian PUPR atas renovasi dan rehabilitasi sarana dan prasarana madrasah provinsi Kepri, Drs. Dartoyo Pengawas Sekolah Ahli Madya Tingkat Menengah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan untuk kategori Pengawas Berdedikasi Peringkat Nasional.

Lalu, Jun Suhaidi Pengawas Sekolah Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas untuk kategori Pengawas Berprestasi Peringkat Nasional, Adamrin Penghulu Ahli Muda Kepala KUA Kecamatan Batam Kota untuk kategori Indeks Layanan Terbaik Nasional KUA Revitalisasi, Rifqi Nasrullah yang mendapatkan juara 1 Cabang Lompat Jauh Putra, dan Fauziah Bintan Ningrum yang mendapatkan Juara 1 Nasional Karate antar pelajar dan mahasiswa.

Gubernur Ansar juga menyerahkan sertifikat halal bagi 20 UMKM yang dapat membantu UMKM untuk memasarkan lebih luas lagi produk yang mereka hasilkan.

(DK/Red)

Komentar