Hingga April 2023, Lebih Dari 4.000 Lansia Bintan Terima Bantuan Langsung Tunai

Penulis :
Kanal : Berita, Bintan, Kepulauan Riau597 Dilihat

Jurnalutama.com (Bintan) – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi lansia. Tercatat hingga 18 April nanti sebanyak 4.312 lansia dari sepuluh Kecamatan akan menerima BLT sebesar Rp400.000,- (Januari – April). Ini merupakan salah satu program andalan yang langsung menyentuh kalangan kurang mampu.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat ditanyai terkait hal ini menyampaikan bahwa dirinya memang meminta agar BLT tersebut bisa segera disalurkan jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Baginya, program ini setidaknya bisa sedikit membantu para lansia dimana Roby juga ingin masyarakat merasakan bahwa Pemerintah hadir di tengah mereka.

“Salah satu maksud dari program ini kan kita memang ingin orang-orang tua kita merasakan bahwa kita hadir. Di usia yang senja, lebih lagi ini mau lebaran jadi kita usahakan percepat agar bisa sedikit membantu, ” jelasnya, Sabtu (15/04/23).

Hal serupa juga dikatakan Kepala Dinas Sosial Bintan, Samsul, menurutnya proses penyaluran tahap satu di tahun ini bisa sesuai dengan target capaian.

“Sesuai arahan, kita usahakan semuanya cepat, dari tanggal 3 sudah kita mulai di Kijang Kota dan nanti sampai tanggal 18 itu terakhir di Tambelan. Kita cairkan langsung 4 bulan, sisanya nanti ditahap kedua,” terangnya.

Samsul juga menambahkan data yang disalurkan saat ini sebanyak 4.312 lansia, pada tahap kedua nanti ada data baru sejumlah 898 lansia sehingga total lansia penerima BLT pada tahun ini sebanyak 5.210 lansia dan akan menelan anggaran lebih dari Rp. 6 miliar.

“Data baru itu yang belum dapat bantuan ditahap pertama, nanti ditahap kedua mereka akan langsung menerima full Rp. 1,2 Juta. Tim kita di lapangan juga terus melaporkan dan update, sebab kadang ada data yang masuk pas tiba penyaluran ternyata meninggal dunia, yang jelas ini tujuannya untuk mereka selain yang sudah menerima PKH, Bantuan Pangan Nasional, dan BLT DD dari Desa, ” tutupnya.

(MCB/Redaksi)

Komentar