Inilah Amalan Utama Menyambut Ramadhan 2023

Penulis :

Jurnalutama.com (Jateng) – Ramadan 2023 sudah semakin dekat dan tentunya sebagai umat Muslim tentu membutuhkan persiapan cukup matang. Tidak hanya dari fisik semata karena sebulan penuh akan menahan lapar dan dahaga di siang hari, akan tetapi juga sangat penting untuk mempersiapkan hati menyambut bulan yang suci ini. Minggu (19/03/23).

Sebagai salah satu ibadah yang dilaksanakan selama Satu tahun sekali selama sebulan penuh, maka tentu Ramadan memang akan menjadi moment penting. Bahkan juga bisa menjadi titik balik mendapatkan kesempatan rahmat dan mahgfiroh dari Allah SWT.

Akan tetapi menghadapi Ramadan 1441 H /2023 M, tentu tidak hanya bisa dilakukan secara langsung tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Keberadaan akses persiapan matang, baik fisik dan batin tentunya akan menjadi akumulasi utama yang akan membuat umat muslim bisa melaksanakan ibadah tersebut dengan sempurna.

Setiap umat muslim memang memiliki beberapa persiapan tersendiri menjelang bulan yang penuh dengan berkah ini. akan tetapi agar bisa mencapai level tertinggi serta mampu untuk melaksanakan semua hal baik selama bulan puasa tersebut maka tentu ada amalan khusus.

Berikut ini adalah beberapa amalan penting yang bisa menjadi pertimbangan untuk kamu coba terapkan sebagai salah satu bentuk iktiyar dalam menyambut bulan puasa dengan semangat ibadah tinggi.

Menjelang Ramadan 1441 H/ 2023 M, dengan Memperbanyak Amal Batin.Aspek pertama yang perlu untuk diperhatikan sebagai salah satu bentuk amalan menjelang Ramadan 2023 adalah dengan memperbanyak amal bathin. Hal ini penting sebab menjadi salah satu persipan matang serta mampu memberikan konsep berkualitas bagi muslim untuk lebih siap menyongsong Ramadan.

Amal bathin ini bisa saja berasal dari berbagai hal amalan penting yang umumnya juga telah dilaksanakan sehari-hari. Mulai dari memperbanyak membaca istighfar, lebih banyak membaca al quran, atau bahkan bisa dilakukan dengan seringnya melakukan puasa sunnah Senin Kamis.

Ada beberapa alasan mengapa keberadaan amal batin ini sangat penting untuk dilakukan menjelang Ramadan 2023. Satu hal yang setidaknya mampu menjadi pertimbangan adalah kapasitas pola pengembangan diri dan kesadaran secara menyeluruh sebagai hamba lemah dihadapan Allah SWT.

Apalagi memasuki bulan suci puasa ini maka tentu harus ada koreksi dan intropeksi secara menyeluruh kepada semua umat muslim untuk merasakan lapar dan haus. Aktualisasi tersebut tentunya akan bertambah baik jika diimbangi dengan amalan batin menjelang masuk bulan puasa.

Amalan batin seperti puasa juga tidak kalah penting dan tentunya sangat direkomendasikan untuk dilaksanakan oleh semua umat muslim. Sehingga kesempatan untuk melatih diri dengan menahan nafsu makan dan minum bisa menjadi tolak ukur sebelum memasuki Ramadan 2023.

Semakin banyak amalan batin yang dilakukan maka semakin banyak juga dampak positif pada setiap umat muslim untuk bisa lebih siap menyambut bulan mulia ini. Bahkan amalan ini tidak semata-mata untuk mencari pahala, melainkan untuk menyiapkan pribadi yang berkualitas dalam hal muamalah.

Menjelang Ramadan 1441 H/ 2023 M, dengan Memperat Tali Silaturrahmi. Amalan menjelang Ramadan 2023 selanjutnya bisa dilakukan dengan mempererat kembali jalinan serta hubungan sesama. Mulai dari keluarga, tetangga, guru, hingga beberapa rekan kerja, sebab adanya silaturrahmi menjadi satu amalan penting untuk membuka pintu lebih luas dan keterbukaan antar sesama.

Amalan silaturrahmi sendiri sebenarnya tidak hanya dianjurkan pada saat menjelang Ramadan saja, akan tetapi dalam kehidupan bersosial sehari-hari maka mempererat tali silaturrahmi sangatlah penting. Namun pada saat waktu menjelang bulan puasa inilah moment tersebut bisa semakin hangat dan cukup berdampak besar.

Salah satu anjuran penting sebelum memasuki bulan suci ini adalah kondisi hati juga ditekankan harus bersih. Dan salah satu caranya adalah dengan melakukan kembali silaturrahmi menjelang Ramadan 1441 H/2023 M, sehingga baik fisik maupun juga batin sepenuhnya telah siap menyongsong bulan suci. Bahkan sudah menjadi tradisi di Indonesia silaturrahmi jelang bulan Ramadan ini.

(Nik)

Komentar