Jadi Irup Hari Kebangkitan Nasional, Kapolresta Beri Semangat Juang ke Personil

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si menjadi inspektur upacara pada hari Kebangkitan Nasional, di Mapolresta Tanjungpinang, Senin (20/05/2024).

Hari kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei yang dimulai sejak tanggal 20 Mei 1908. Yang dimaknai sebagai perayaan untuk memperingati perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Negara pasca penjajahan.

Prosesi upacara pun dilaksanakan dengan hikmat yang diwarnai pengibaran dan penghormatan kepada sang Bendera Merah Putih.

“Hari Kebangkitan Nasional kali ini memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara kita, apalagi kita seorang Polisi yang jati dirinya adalah mengabdi kepada Negara,” ucap Kapolresta dalam amanatnya.

Kapolresta Tanjungpinang juga mengatakan Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi.

“Ketahui lah rekan-rekan, perubahan besar itu bisa dimulai oleh satu orang, nah, pada Kebangkitan Nasional pada kala itu dimulai oleh tokoh nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo, putra terbaik bangsa dan pahlawan nasional, dorongan untuk bangkit yang dibentuk oleh rasa cinta terhadap masyarakat Indonesia yang menderita dijajah bangsa asing di negerinya sendiri, melalui kejadian itu kesadaran tersebut membuatnya bangkit melakukan gerakan untuk masyarakat dan bangsa ini,” bebernya.

Lebih lanjut, Oleh karena itu, kita sebagai insan Abdi Negara yang sudah sepantasnya bersyukur karena saat ini kita tidak dalam masa penjajahan seperti dulu, harus memiliki semangat juang untuk etos kerja, dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu yaitu menjalankan tugas pokok Polri dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kapolresta.

Diakhir, sejatinya rekan-rekan, hidup yang tidak dipertaruhkan itu, tidak akan pernah dimenangkan,” pungkas Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si.

(Ratih) 

 

 

 

 

 

 

Komentar