Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Pantai Bandengan Jepara

Penulis :

Jurnalutama.com (Jateng) – Umat Hindu menggelar Upacara Ritual Melasti dalam rangka menyambut peringatan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 22 Maret 2022, di Pantai Bandengan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (19/3/2023) pagi.

Upacara ini diikuti oleh semua umat Hindu di Kabupaten Jepara. Juga diikuti Umat Hindu Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora,

Acara ini diawali dengan berdo’a kemudian diakhiri dengan melarung sesaji, gunungan dari hasil bumi, seekor ayam dan bebek ke tengah laut.

Pemangku Umat Hindu, Adi Supaino menerangkan, upacara Melasti ini rangkaian memperingati , Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Yang bertujuan untuk menyucikan diri menjelang Hari Raya Nyepi.

“Supaya nanti kita melakukan Catur Brata, penyembahan, kami benar-benar bersih. Kita sucikan pada hari ini, ” kata Adi Supaino seusai menjalani upacara Melasti.

Terkait prosesi Pelarungan, dia menjelaskan benda-benda yang dilarung itu merupakan simbol untuk membuang perbuatan buruk dan jahat, atau membersihkan diri dari perbuatan buruk.

” Proses pelarungan ini bentuk ucapan syukur. Sebuah gunungan yang tersusun dari sayuran dan hasil bumi, bentuk terima kasih dan rasa syukur kepada Dewa penguasa laut, ” jelas pungkas Adi Supaino.

(Nik)

Komentar