Jelang Idul Fitri 1445H, Polresta Tanjungpinang Gelar Apel Operasi Ketupat Seligi 2024

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Menjelang hari raya Idhul Fitri 1445 Hijriyah, Polresta Tanjungpinang menggelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Seligi tahun 2024, di Lapangan Apel Mapolresta Tanjungpinang Jl. Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang, Rabu (03/04/24).

Dikesempatan ini selaku pimpinan Apel yakni Kapolresta Tanjungpinang Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si didampingi PJ. Walikota Tanjungpinang Hassan, S.Sos.

Dalam amanatnya, Kapolresta Tanjungpinang menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

“Sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H, ” ungkapnya.

Dijelaskan, TNI-Polri bersama stakeholder terkait, melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024.

“Sebelumnya Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai dengan 23 April 2024, ” terang Kapolresta.

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

“Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal, ” tegas Kapolresta.

Adapun untuk pos pengamanan Ops Ketupat Seligi 2024 di wilayah hukum Tanjungpinang terdapat 4 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan, untuk pos pengamanan berada di Pinang Lestari, Ramayana, Polsek TPI Timur, dan Jl. Merdeka, sementara untuk pos pelayanan berada di bandara RHF Tanjungpinang dan belabuhan Sri Bintan Pura.

“Kita Polresta Tanjungpinang mengerahkan sekitar 495 personil gabungan TNI/Polri dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk pengamanan perayaan hari raya idul fitri 1445 H dalam operasi ketupat seligi 2024,” terang Kapolresta.

Tidak hanya itu, Kapolresta Tanjungpinang ini juga mengharapkan kepada Jajarannya agar meningkatkan koordinasi bersama dengan stakeholder terkait.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan stakeholder, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci, ” ujar Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Diakhir, Tidak lupa Saya menghimbau kepada masyarakat Tanjungpinang yang hendak mudik bisa menitipkan kendaraan roda dua di polsek wilayah, kemudian sebelum meninggalkan rumah agar memberi kabar ke tetangga dan saat berangkat mudik jangan lupa untuk membawa identitas diri dan identitas kendaraannya serta mengecek kondisi kendaraan agar aman, ” pungkasnya.

Turut hadir dalam Gelar Apel pasukan Operasi Ketupat Seligi 2024 ini, Dandim 0315 / Tanjungpinang Kolonel Inf. Eka Ganta Chandra, S.IP., M.I.P., Kepala BNNK Tanjungpinang Kombes Pol. Heryanto, S.E, Kejari Kota Tanjungpinang Lanna Hany Wanike Pasaribu, S.H., M.H, Anggota DPRD Kota Tanjungpinanv Dicky Novalino, Pengadilan Tinggi Tanjungpinang Hakim joko supraptomo, M.M, Waka Polresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rachman, S.H., S.I.K., M.Si, Kadishub Kota Tanjungpinang Boby Wira Satria, Kalaksa BPBD Kota Tanjungpinang M. Yamin, S.T., M.M, Kasatpol PP Kota Tanjungpinang diwakili Yacub, Jasa Raharja Tanjungpinang Akmal, dan PJU Polresta Tanjungpinang.

(Ratih)

Komentar