Kades Air Putih Diduga Tebang Pilih Penyaluran PKH dan Bedah Rumah

Jurnalutama.com (Sumut) -Penelusuran tim di Desa Air Putih, Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan, dimana bantuan pemerintah pusat tentang Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bedah Rumah diduga tebang pilih, demikian keterangan dihimpun, Senin (29/5/2023).

Berdasar data yang terhimpun Tim Media ini di Lapangan, salah satu warga dalam wawancara mengatakan bahwa, yang mendapatkan dana PKH banyak yang tidak tepat sasaran begitu juga bedah rumah, kejanggalannya sangat jelas terlihat.

Beberapa warga protes terkait Bedah Rumah yang tidak tepat sasaran, “Yang dapat Bedah Rumah di desa ini, yang rumahnya sudah bagus dan punya sawah luas. Sedangkan, yang rumahnya sudah mau roboh tidak dapat,” ujarnya.

Selain itu, Dia juga membenarkan masalah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dimana keluarga yang sudah mapan justru dapat bantuan. “Sedangkan para Lansia yang layak mendapatkan justru tidak dapat bantuan. Jusru orang-orang yang deket sama Perangkat Desa saja mas yang dapat,” katanya yang enggan disebut inisialnya.

Sementara, Wilmar merupakan warga setempat juga heran, kenapa di Desa lain yang dapat dana PKH dan Bedah Rumah itu dan rumahnya dikasih lebel atau Cap rumah mereka yang dapat PKH.

“Kenapa di desa kami tidak dikasih lebel dan cap, apa beda dengan desa lain, sebenar yang berhak memberi lebel itu dari dinas apa dari desa, ” ujarnya.

Sebelumnya, kami sudah konfirmasi ke Dinas terkait, lebel yang dicap ke rumah-rumah warga penerima PKH dan Bedah Rumah itu adalah mutlak wewenang kepala Desa dan Perangkatnya dan bukan wewenang dinas.

Di tempat yang berbeda, salah satu warga yang lain menjelaskan, di sini kami komfirmasi sudah capek pak, sudah beberapa tahun KTP sama KK dan rumah diphoto, bukan hanya sekali sudah berkali-kali, tapi sampai saat ini nggak ada hasilnya alias tak jelas, ” ketusnya.

Masih kata Dia, Malah yang rumahnya sudah gedong yang punya kebon dan sawah lebar itu yang dapat Bedah Rumah dan PKH,” ucapnya kecewa.

Saat dikomfirmasi kepala Desa Air Putih Tumpak Sitorus, tidak berada di ruang kerjanya, salah satu Staffnya Preddy Sirait mengatakan, “Kepala Desa sedang rapat dengan pak Camat, ” ucapnya.

Sampai berita ini diungkapkan tidak ada konfirmasi atau jawaban dari Tumpak Sitorus Kepala Desa Air Putih.

(Redaksi)

Komentar