Kapolres Anambas Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Penulis :

Jurnalutama.com (Anambas) – Polres Kepulauan Anambas melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, di lapangan apel Polres Kepulauan Anambas, Sabtu (01/06/2024).

Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang mengangkat tema, “Pancasila jiwa pemersatu bangsa, menuju Indonesia emas 2045” itu, dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., di ikuti oleh Wakapolres Kepulauan Anambas KOMPOL Hendrianto, S.H. M.H., Kapolsek Siantan IPTU Gunawan Hussein, Pejabat Utama Polres Kepulauan Anambas dan di hadiri oleh seluruh personil Polres Kepulauan Anambas.

AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi mengatakan dalam Pancasila, terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong- royong.

Sebab keberagaman yang ada merupakan berkat, yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Sehingga ia mengajak komponen bangsa di mana pun berada, untuk bahu- membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia bahwa, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani.

Agar menjadi ideologi yang bekerja, bisa dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Peringatan hari lahir Pancasila di Polres Kepulauan Anambas, bertujuan mengajak seluruh Polri khususnya personil Polres Kepulauan Anambas mengenal nilai-nilai luhur Pancasila, ” kata Kapolres.

Disela penutup upacara Kapolres Kepulauan Anambas mengajak seluruh personil Polres Kepulauan Anambas untuk memahami nilai – nilai Pancasila

Diakhir, AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., membacakan ajakan Kepala BPIP kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.

(Ratih)

Komentar