Kapolsek Bintan Utara Selesaikan Perselisihan Sesama Buruh Dengan Damai

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Kapolsek Bintan Utara Kompol Suwitnyo bersama dengan Bhabinkamtibmas Aipda Amrizal dan Panit Intel Iptu Indervi menyelesaikan permasalahan sesama buruh bongkar muat di pelabuhan kota Segara Kampung Mentigi Tanjung Uba, Rabu (1/03/2023).

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M. menjelaskan melalui Kapolsek Bintan Utara membenarkan bahwa pihaknya telah menyelesaikan permasalahan antar sesama kelompok buruh bongkar muat.

Kompol Suwitnyo menjelaskan, pelabuhan tersebut terdapat 2 Kelompok Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang telah diatur pekerjaannya dalam bongkar muat barang oleh pengelola pelabuhan.

” Namun salah satu kelompok TKBM yang tidak mengetahui pengaturan tersebut akan mengambil alih pembongkaran barang dari sebuah kapal sehingga terjadi perselisihan dan ketegangan antar kedua kelompok tersebut. Sehingga dibatalkan pembongkaran barang pada hari Selasa kemaren, ” tambah Kapolsek.

Lebih lanjut, Informasi adanya perselisihan kedua kelompok TKBM tersebut kami dapatkan dari masyarakat sehingga kami turun langsung ke pelabuhan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ” jelasnya.

Kemudian, kami memediasi kedua kelompok tersebut dengan menghadirkan unsur pengelola yang ada di pelabuhan Kota Segara Kampung Mentigi Tanjung Uban antara lain dari Supervisor PT. Pelabuhan Kepri (Perseroda)/ Badan Usaha Pelabuhan Kota Segara, Perusahaan Bongkar Muat/PBM PT. Tuah Bainaura Perkasa dan UPT Wilayah III Tg. Pinang-Bintan serta Dishub Prov. Kepri, ” ungkapnya.

Masih sambungnya, Alhamdulillah mediasi dan perundingan yang kita prakarsai dapat diterima oleh kedua kelompok TKBM yang bertikai, sehingga aktifitas bongkar muat di pelabuhan tersebut mulai hari ini sudah berjalan normal seperti biasa, ” tegasnya.

Diakhir, ” Marilah bersama-sama menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif di semua unsur, karena Kamtibmas yang kondusif merupakan kunci kesuksesan di semua aktifitas baik sebagai buruh, tukang ojek bahkan aparat ASN semuanya menginginkan Kamtibmas yang kondusif sehingga roda perekonomian di Bintan dapat berjalan dengan lancar, ” himbau pungkas Kapolres Kapolres Bintan.(*)

(Redaksi)

Komentar