Kemerdekaan dan Perlindungan Jurnalis Tema Dialog Divisi Humas Mabes Polri – Wartawan

Penulis :

Jurnalutama com (Jabar) – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Dani Hamdani, didampingi Kasie Humas Polres Kompol Erna Ruswing Andari bersama sejumlah Ikatan Wartawan media Online (IWO), Media elektronik, media cetak dan online yang tergabung dalam IJTI, Pokja Polres.

Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengikuti Virtual Zoom Meeting Dialog Publik dari Mabes Polri bertempat di ruang Rapat Kapolres di Lantai 3, Mapolres Metro Bekasi Kota, Jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi, Rabu (31/05/ 2023).

Dialog Publik dengan tema “Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis” diselenggarakan Divisi Humas Mabes Polri yang diikuti seluruh jajaran Polda dan Polres se Indonesia.

Kegiatan diskusi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan Kabid Humas yang diwakili Karo PID Divhumas Polri, Brigjen Pol Moh. Hendra Suhartiyono.

Dalam amanat tertulisnya menyampaikan, diskusi tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan terhadap kebebasan Pers, di antaranya perlindungan hukum kepada Pers. Selain itu, kasus kekerasan terhadap jurnalis dapat dikategorikan merisaukan.

“Berdasarkan data yang dihimpun Aliansi Jurnalis Independen Indonesia, jumlah kekerasan pertahun masih di atas 40 kasus di mana sebagian besar terjadi saat Jurnalis melakukan peliputan maupun setelah karya jurnalistiknya terbit,” kata Brigjen Hendra.

Terdapat tiga kekerasan terhadap Pers, Lanjut Brigjen Hendra, diantaranya adalah meningkatnya serangan digital terhadap Jurnalis, kekerasan seksual terhadap Jurnalis perempuan serta maraknya kekerasan terhadap Pers mahasiswa.

“Dialog publik yang kami selenggarakan untuk menegaskan makna penting Jurnalisme dalam pematangan demokrasi, dan mendapatkan gambaran terkait dinamika Jurnalisme dalam perkembangan digital, serta mensosialisasikan hak perlindungan hukum atas Jurnalis,” tutup Brigjen Pol. Hendra.

Usai penyampaiaan sambutan dilanjutkan dengan dialog menghadirkan narasumber, Totok Suryanto Anggota Dewan Pers periode 2022-2025 merangkap Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, Dr. Devie Rahmawaty, Kombes Pol Basuki Effendhy, Bareskrim Polri, Kombes Pol Adi Pidkum Mabes Polri dipandu moderator Stefani Ginting.

Rangkaian acara dialog Publik diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negri dan Acara di Polres Metro Bekasi Kota berjalan dengan aman dan tertib.

(Red/Aliansi Media Cetak Dan Online)

Komentar