Koarmarda I Gagalkan Penyelundupan Puluhan Kg Sabu – Sabu di Perairan Lhokseumawe

Penulis :

Jurnalutama.com (Aceh) – Prajurit Koarmada I yang terdiri dari Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 43 bungkus (± 43 KG) di Perairan Lhokseumawe.

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. saat melaksanakan press Conference di Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara. Senin (26/12/2022).

Penangkapan ini berawal dari informasi Intelijen terkait akan adanya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui perairan Lhokseumawe.

Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe atas perintah Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah melaksanakan penyelidikan dan pengembangan terkait informasi tersebut dengan membentuk tiga tim (pam darat, pengintai dan penyergap).

Sehingga pada hari sabtu, 24 desember 2022 pukul 00.10 Wib, terpantau kedatangan perahu penyelundup yang akan memasuki kuala meuraksa pusong, Lhokseumawe, namun diduga penyelundup mencurigai telah diintai oleh tim Lanal Lhokseumawe sehingga penyelundup berusaha menjauh dari pesisir pantai. Selanjutnya tim patroli Lanal Lhokseumawe melaksanakan pengejaran terhadap perahu yang dicurigai tersebut.

Setelah dilaksanakan pengejaran akhirnya perahu tersebut berhasil dihentikan (terjadi insiden tabrakan) selanjutnya mengamankan perahu tersebut.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, ditemukan narkoba jenis sabu sabu di atas perahu tersebut sebanyak 43 bungkus (± 45 kg), berikut satu orang tersangka (MN 23 tahun) diamankan di Sea Hunter sedangkan perahunya digandeng menuju pelabuhan Krueng Geukeuh, namun karena kondisi perahu sudah bocor dan untuk keamanan sea hunter maka perahu dilepas dan berakibat tenggelam.

“Atas keberhasilan ini, sekali lagi TNI Angkatan Laut menyelamatkan rakyat indonesia dari bahaya narkoba. TNI Angkatan Laut berkomitmen akan senantiasa mendukung penuh pemerintah dalam upaya memerangi narkoba dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs), ” tegas Pangkoarmada.

Selanjutnya, Kegiatan penangkapan penyelundupan narkoba melalui jalur laut merupakan arahan dan instruksi langsung dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. hal ini merupakan bentuk keseriusan TNI Angkatan Laut sebagai penegak hukum di laut yang sangat konsen dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba baik dari / di / melalui laut di negara kesatuan republik indonesia khususnya wilayah kerja Lanal Lhokseumawe yang merupakan jajaran Lantamal I Belawan, ” pungkas Pangkoarmada I.

Hadir dalam giat press conference tersebut, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Wadan Lantamal I, PJU Danlantamal I, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah, S.E., M. Tr.Hanla., M.M., Kqkesbqngpol, Asintel Kasdam, Dirpolairud Polda, BNN Sumut, Kapolres Blw, Kajari Blw, Kadilmilti, Kakanwil Bea Cukai, Syahbandar, Gm Pelindo dan insan Insan Pers.

(Redaksi)

Komentar