KPU Kota Tanjungpinang Gelar Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang 2024

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang kembali menggelar Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau serta Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Tahun 2024 di Aula Tugu Sirih Tepi Laut Kota Tanjungpinang, Sabtu (25/05/24) malam.

Diawal acara, Walikota Tanjungpinang yang diwakilkan oleh Sekda Zulhidayat, dalam sambutannya mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu mensukseskan perhelatan tersebut, mencerminkan ciri khas masyarakat Melayu yang menjunjung tinggi kedamaian dan kebersamaan.

“Syukur atas terselenggaranya Pemilu dengan lancar dan damai, serta berharap kedewasaan politik yang telah ditunjukkan akan terus berlanjut pada Pemilukada 2020 mendatang. Pemilukada yang dijadwalkan pada 27 November ini diharapkan dapat menjadi contoh pelaksanaan demokrasi yang baik, seperti halnya Pemilu sebelumnya, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Kota Tanjungpinang berkomitmen penuh untuk mensukseskan Pemilukada tersebut.

“Meskipun APBD mengalami defisit, namun anggaran untuk Pemilukada tetap menjadi prioritas utama. Seluruh persiapan mulai dari sarana dan prasarana hingga pemantauan hari pemilihan akan dilakukan secara maksimal demi memastikan hak pilih masyarakat tidak terganggu, ” kata Sekda.

Dalam kesempatan ini, Seluruh ASN diingatkan untuk menjaga netralitas dan bekerja sama dengan baik sepanjang tahapan Pemilukada. Sinergi positif antara pemerintah, KPU, dan masyarakat diharapkan dapat menjaga kelancaran seluruh proses hingga pelantikan kepala daerah yang baru.

“Seluruh masyarakat diharapkan untuk terus menjaga kondisi dan kedewasaan dalam menyikapi Pemilukada. Dengan doa dan usaha bersama, diharapkan Tanjungpinang dapat sekali lagi menunjukkan komitmen dan kedewasaannya dalam berdemokrasi, serta mensukseskan Pemilukada 2024, ” himbau Walikota.

Masih di waktu yang sama, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Faisal dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan pemilu sebelumnya.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Ini semua berkat kerja keras kita semua, mulai dari pemerintah kota Tanjungpinang, Kodim 0315 Tanjungpinang, unsur TNI lainnya, perangkat daerah, para Lurah, Camat, RT/RW, Linmas, rekan-rekan media, serta seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Dalam acara ini, KPU Kota Tanjungpinang juga mengumumkan bahwa tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak tahun 2024 telah dibuka secara nasional pada 31 Maret 2024 di Yogyakarta dan tingkat provinsi Kepulauan Riau pada 27 April 2024.

“Hari ini, peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau serta Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang secara resmi dimulai, menjadikan Tanjungpinang sebagai salah satu dari 58 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada, ” tegasnya.

Sementara itu, KPU Kota Tanjungpinang ini pun telah memulai beberapa tahapan penting seperti pendaftaran pemantau dan calon perseorangan, meskipun sampai 12 Mei 2024 belum ada calon perseorangan yang mendaftar.

Pembentukan badan PPK telah selesai dengan pelantikan pada 16 Mei 2024, dan panitia pemungutan suara tingkat kelurahan akan dilantik pada 26 Mei 2024.

Diakhir, tak lupa Ketua KPU mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada pada 27 November 2024 mendatang, serta menjaga suasana damai dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu SARA atau hoax.

“Mari kita wujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan bermartabat,” pungkasnya.

(Ratih) 

Komentar