Kunjungi LPKA Batam, Kadis DP3APM Ajak Orang Tua Tingkatkan Perhatian Pada Anak

Penulis :
Kanal : Berita, Kepulauan Riau, Tanjungpinang147 Dilihat

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) –  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Tanjungpinang Rustam melakukan kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam, Jum’at (1/12/2023).

Turut mendampingi Kadis DP3APM pada kesempatan itu, Kepala UPTD PPA Kota Tanjungpinang, para konselor, mediator, Psikolog dan pendamping hukum.

Kunjungan tersebut langsung diterima oleh Kepala LPKA Kelas II Batam Agus Salim, Amd.IP, SH, MH beserta staf di ruang Pimpinan LPKA Kelas II Batam.

Rustam mengatakan, dalam tiga tahun terakhir ada puluhan anak pelaku pidana atau kekerasan di Tanjungpinang yang dicatat kasusnya di UPTD PPA, berupa kasus kekerasan pada anak lainnya, pencurian dan susila.

Menurutnya, dari puluhan anak itu hanya satu anak yang harus menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan khusus anak.

“Selebihnya kasus kasus anak tersebut mendapat rekomendasi untuk penyelesaian di luar pengadilan atau yang dikenal sebagai diversi,” ujarnya.

Untuk menghindari adanya anak menjadi pelaku kekerasan atau tindak pidana ini menurut Rustam butuh perhatian yang lebih tinggi dari para orang tua.

“Rata rata latar belakangnya adalah pergaulan yang salah, tidak adanya kenyamanan di rumah, dan dampak akses internet yang tidak sehat,” tambah Rustam.

(DK/Red)

Komentar