Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Gelar Pelatihan dan Penguatan Kader Kesehatan WB

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang mengadakan kegiatan Pelatihan dan Penguatan Kader Kesehatan pada Warga Binaan, di ruang Bimbingan Kerja Lapas, Senin (10/07/2023) pagi.

Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang Maman Herwaman melalui Kasi Binadik Junaidi menjelaskan, sebanyak 13 (tiga belas) orang Warga Binaan mendapat pelatihan dan penguatan mengenai kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasi Binadik Junaidi didampingi Kasubsi Bimkemaswat Yuliani D. safitri, dr. Petra dan perawat Ambar Nastiti dan dihadiri Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Kepulauan Riau yang diwakilkan oleh Pengelola Program dan Monev serta dari LSM Kompak.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini dan terbitnya undang-undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan serta dukungan pengendalian HIV AIDS bagi Tahanan dan warga binaan akan semakin memotivasi kawan kawan semuanya menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya, ” ujar Junaidi.

Adapun materi yang diberikan berupa penjelasan tentang definisi HIV AIDS, cara penularan, gejala sampai cara pencegahan dan penyakit IMS lainnya seperti Hepatitis, GO, Siphilis.

Pembentukan Kader Kesehatan dan pemberian informasi kesehatan merupakan salah satu tindakan yang dapat membimbing sekaligus mengontrol para Warga Binaan sehingga dapat sedikit demi sedikit merubah pola perilaku yang tidak sehat.

“Adanya kegiatan ini, kader kesehatan dapat membuat sikap teladan untuk rekan warga binaan lainnya agar lebih mawas dengan kesehatan, sehingga dapat mendeteksi dini gangguan terhadap kesehatan, ” pungkas Junaidi.

(Redaksi)

 

Komentar