Ops Ketupat Seligi 2023, Polresta Tanjungpinang Gelar Patroli Skala Besar

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Antisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Polresta Tanjungpinang bersama tim gabungan melaksanakan patroli di sejumlah Pos Keamanan di wilayah Kota Tanjungpinang, Rabu (19/04/2023).

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si, melalui Kabag Ops Polresta Tanjungpinang Kompol Hadi Sucipto, S.H menyampaikan, bahwa pelaksanaan Operasi Ketupat Seligi 2023 ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Tanjungpinang khususnya umat muslim sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Ini giat patroli skala besar Polresta Tanjungpinang bersama stakeholder lainnya, dalam rangka Ops Ketupat Seligi 2023 di wilayah Kota Tanjungpinang. Kita menjamin warga aman saat lebaran nanti, ” ujar Kabag Ops Polresta Tanjungpinang.

Tim patroli melakukan pengecekan disejumlah pos keamanan seperti Posko Keamanan di Mall-Mall, Pelabuhan hingga angkutan umum. Selain personil dari Polresta Tanjungpinang, kegiatan ini juga melibatkan bantuan keamanan dari unsur TNI, Satpol PP, Dishub, dan stakeholder lainnya.

“Setelah dilakukan disejumlah Pos Keamanan, dipastikan personil kita siap menjaga keamanan di wilayah kerja Tanjungpinang. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir saat mudik, ” ucapnya.

Kegiatan ini sesuai amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, yang disampaikan Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si, saat apel pasukan Ops Ketupat Seligi 2023, Senin (17/04/2023) lalu, terutama langkah-langkah dalam Operasi Ketupat Seligi tahun 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik. Sehingga, Polri dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

Kapolri juga berpesan, demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi. Seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting.

“Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan,” pesan Kapolri melalui Kapolresta Tanjungpinang.

Kapolri mengingatkan, apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan. Pada pelaksanaan Ops Ketupat tahun ini masyarakat perlu lebih berhati-hati.

“Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,” imbuh Kapolri dalam amanatnya.

(Redaksi)

Komentar