Panen Padi Perdana di Dompak Hasil Pembinaan Narapidana Rutan Tanjungpinang

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram memanen padi perdana di Pulau Dompak, Minggu (17/12/2023).

Padi yang dipanen ini merupakan hasil program pembinaan narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjungpinang yang ditanam di atas lahan seluas sekitar dua Hektare.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyatakan, mendukung sepenuhnya hasil panen padi dan menyarankan untuk melakukan kajian lebih lanjut terkait potensi perluasan lahan.

“Kita mendukung dan mendorong program ini, kalau ini dioptimalkan dan di kembangkan mungkin bisa mendukung perkembangan wisata agro,”jelasnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, I Nyoman Gede Surya Mataram, menyampaikan program tanaman padi itu merupakan sebuah inovasi Rutan Tanjungpinang yang menyulap lahan bekas bauksit menjadi lahan tanaman produktif.

“Pada program ini kita bekerjasama dengan Pemda untuk melakukan inovasi baru, sehingga dilahan bauksit ini dapat menanam padi dengan tenaga dari narapidana Rutan Tanjungpinang, ke depan akan kita tindak lanjuti dan di kembangkan lagi,” ungkapnya.

“Untuk hasil panen kali ini akan di cek dulu kualitasnya, apabila bagus akan kita distribusikan ke Panti Asuhan,” tambahnya.

Pada prosesnya penanaman padi ini dilakukan di lahan seluas 25×10 meter yang melibatkan sekitar 20 warga binaan sebagai pekerjanya.

(Msb)

Komentar