Pangkoarmada I Hadiri Launching KRI Bungkarno – 363

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Erwin S. Aldedharma didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada I (KDJA I) Ny. Ketty Erwin S. Aldedharma menghadiri acara Launching Korvet Dalam Negeri KRI Bung Karno-369 yang dipimpin oleh Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati, Batam, Rabu (19/04/2023).

Kapal tersLounchebut merupakan hasil karya anak bangsa yang telah menjadi komitmen TNI Angkatan Laut dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk mewujudkan kemandirian dalam pembangunan kekuatan pertahanan matra laut. Pengadaan kapal korvet ini merupakan strategi efektif dan efisien untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas OMP dan OMSP khususnya dalam pengamanan VVIP Presiden.

“Hari ini, Armada TNI Angkatan Laut diperkuat lagi oleh kapal korvet yang diberi nama KRI Bung Karno-369, kapal ini adalah komitmen TNI AL dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk mewujudkan kemandirian dalam pembangunan kekuatan pertahanan matra laut,” ujar Kasal.

Lebih lanjut, korvet KRI Bung Karno-369 akan menggantikan kapal Kepresidenan yaitu KRI Barakuda-814 yang sudah beroperasi selama 27 tahun. Adapun kapal perang ini memilliki kemampuan persenjataan untuk peperangan Anti Surface Warfare, Anti Air Warfare, Anti Submarine Warfare, dan Electronic Warfare, dengan spesifikasi panjang (LOA) 73,00 m, dengan lebar 12 m, tinggi 5m, berat 650 ton, daya akomodasi 55 personel dengan kecepatan jelajah 20 knot dan kecepatan maksimum 24 knot serta dilengkapi dengan active fin stabilizer dan ruangan anti peluru.

Adapun Korvet KRI Bung Karno-369 ini diprediksi akan selesai sepenuhnya dan siap beroperasi pada bulan Juni 2023 mendatang dan memperkuat jajaran Satuan Kapal Eskorta Komando Armada I.

(Redaksi)

Komentar