Panglima Koarmada I Kunker ke Natuna, Ini Pesannya

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Di awal masa jabatan yang sebagai Panglima Komando Armada I Tanjungpinang, Laksda TNI Erwin S Aldedharma didampingi Danguspurla, Asops dan Aslog Koarmada I melaksanakan kunjungan Kerja (Kunker) ke Satuan-satuan jajaran Komando Armada I, diantaranya yang berada di Natuna. Rabu (22/02/2023).

Dengan menggunakan Pesawat CN-235 TNI AL, Pangkoarmada I bertolak dari Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Tanjungpinang menuju Bandara Raden Sadjad Ranai kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

Setibanya di Bandara Raden Sadjad Ranai, Pangkoarmada I beserta rombongan, disambut oleh Asops Guspurla Koarmada I, Komandan Lanal Ranai dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Natuna, dan menerima tradisi Tepung Tawar.

Selanjutnya, Pangkoarmada I dan rombongan menuju Mako Lanal Ranai dan menerima Valreef atau Jajar Kehormatan dan disambut dengan Tari persembahan.

Pangkoarmada I Laksda TNI Erwin S Aldedharma beserta rombongan kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke Mako Guspurla Koarmada I di Selat Lampa untuk melaksanakan peninjauan Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang ada di Mako Guspurla Koarmada I diantaranya, Perkantoran, Mess, Balai Kesehatan, Dermaga, Sionban dan Waterplant Selat.

Sebelumnya, dari pantauan dengan menggunakan pesawat patroli maritim CN-235 milik TNI Angkatan Laut Pangkoarmada I menyempatkan diri untuk meninjau dan berkomunikasi langsung dengan Komandan KRI Kapitan Pattimura-371 yang sedang melaksanakan patroli sektor dalam rangka mendukung Operasi Rencong Sagara diperairan Laut Natuna melalui Pesawat Udara.

Dalam kesempatan ini, Pangkoarmada I berpesan kepada seluruh prajurit KRI Kapitan Pattimura untuk selalu semangat dalam melaksanakan operasi.

” Saat ini pemerintah sedang gencar melaksanakan kebijakan yang tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga membutuhkan stabilitas keamanan Nasional yang kondusif. Ini merupakan satu hal yang menjadi peran dan tugas dari jajaran TNI, termasuk TNI Angkatan Laut dalam menjaga situasi stabilitas keamanan nasional sehingga menjadi kondusif, ” ujar Pangkoarmada I dalam gelar Pers- nya ke awak media.

Lebih lanjut, Salah satu tugas di jajaran Koarmada I, saat ini kita semua berada di dermaga Selat Lampa di kepulauan kabupaten Natuna yang merupakan pangkalan Aju dari Komando Gugus Tempur Laut Koarmada I. Kita setiap hari melaksanakan tugas untuk salah satunya adalah melaksanakan pengamanan terhadap situasi di lautan Natuna Utara, ” ungkapnya.

Laksda TNI Erwin S Aldedharma menjelaskan, Pangkoarmada I dan Danguspurla beserta awak Media televisi yang ikut dalam kunjungan kerja.

” Melaksanakan pemantauan dari udara situasi laut Natuna Utara dan berkomunikasi langsung dengan Komandan KRI Kapitan Pattimura sedang melaksanakan patroli di laut Natuna Utara dengan menggunakan Pesawat Udara Patroli Maritim CN-235 milik TNI Angkatan Laut, ” tuturnya.

Masih menurut Laksda TNI Erwin S Aldedharma, Untuk Natuna tahun 2023 ini akan ada penambahan kegiatan operasi, karena Laut Natuna cukup menjadi hotspot sampai dengan saat ini, sehingga pimpinan TNI sudah menyiapkan untuk menambahkan kegiatan operasi di Laut Natuna.

“Bagaimana bentuk operasinya itu sedang dalam proses dan dengan adanya penambahan kegiatan operasi di wilayah ini tentunya akan ditambahkan juga kehadiran unsur-unsur dan satuan-satuan yang tentunya juga akan diikuti dengan penambahan personil dan juga fasilitas sarana dan prasarana, ” pungkasnya.(*)

(Redaksi)

Komentar