Pembukaan Program Rehabilitasi Sosial Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang oleh Kadivpas Kemenkumham Kepri

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas llA Tanjungpinang Kanwil Kemenkumham Kepri menggelar Pembukaan Program Rehabilitasi Sosial disejalankan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Lapas Narkotika Tanjungpinang dengan Polres Bintan dan BNN Kota Tanjungpinang, serta Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kawal. Acara berlangsung di Aula Lapas  Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Kamis (16/05/2024).

Dalam kesempatan ini Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Narkotika Tanjungpinang Edy Mulyono berkesempatan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan dimaksudkan.

Edi Mulyono menyampaikan di tahun 2024 ini Lapas Narkotika Tanjungpinang melaksanakan rehabilitasi terhadap warga Binaannya sejumlah 105 orang.

“Selama 6 bulan ke depan program rehabilitasi pemasyarakatan ini diikuti oleh 105 Narapidana bekerjasama dengan BNNK Kota Tanjungpinang, tujuan utamanya program ini adalah untuk merubah perilaku ke arah yang lebih baik lagi nantinya, sehingga Narapidana tersebut dapat diterima kembali ke masyarakat,” terangnya.

Sementara, Kepala Divisi Pemasyarakatan (KadivPas) Kepri Dannie Firmansyah mengatakan Rehabilitasi Narkotika merupakan bagian dari proses pembinaan dan perawatan kesehatan.

Menurutnya, Hal ini sejalan dengan fungsi pemidanaan yang bukan lagi sebagai penjeraan namun sebagai upaya rehabilitasi dan reintregasi sosial Narapidana agar kembali ke masyarakat secara sehat.

“Layanan rehabilitasi narkotika mencakup layanan rehabilitasi medis, layanan rehabilitasi sosial dan layanan pasca rehabilitasi dalam rangka pemulihan fisik dan mental pada kondisi sebelumnya bagi penyalahgunaan pecandu narkotika untuk pulih, produktif dan berfungsi sosial di Masyarakat, ” terangnya.

Diakhir, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kepri tidak lupa mengucapkan rasa terimakasih kepada stakeholder yang telah ikut berperan dalam penyelengaraan program rehabilitasi pemasyarakatan ini.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala BNNK Kota Tanjungpinang serta stakeholder yang turut berperan dalam penyelenggaraan program ini di Lapas Kelas IIA Narkotika Tanjungpinang, ” pungkasnya.
(Ratih)

Komentar