Peristiwa Karhutla Wilayah Polsek Palmatak Polres Anambas

Penulis :

Jurnalutama.com (Anambas) – Telah terjadi Peristiwa Kebakaran Hutan Dan Lahan ( Karhutla) di salah satu milik Warga di Desa Batu Ampar Kecamatan Kute Siantan dalam Wilayah Kepolisian Sektor Palmatak tepatnya di Desa Batu Ampar Kecamatan Kute Siantan, Selasa (30/05/2023).

Dalam insiden tersebut Sekira pukul 13.15 Wib saksi Tarman Als Tar dengan Sumarno Als Marno orang yang pertama mengetahui Kebakaran Hutan Dan Lahan milik Aisiah.

Menurut keterangan saksi dari Tarman saksi baru pulang dari kebun miliknya dengan berjalan kaki untuk makan siang ke rumahnya, kemudian saksi melihat bahwa api sudah besar dan asap sudah mengepul lalu sdra Tar berjalan dengan cepat dan langsung menghubungi Kepala Desa Batu Ampar dan memberitahukan bahwa ada kebakaran di salah satu kebun milik warga di simpang tiga Desa Batu Ampar, dan mengajak Warga Desa Batu Ampar bahwa telah terjadi kebakaran disalah satu kebun milik warga dan agar segera ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memadamkan api.

Sekira pukul 13.15 Wib api pertama kali di ketahui oleh Tar warga Desa Baru Ampar yang dimana Tar baru pulang dari kebun miliknya dengan berjalan kaki untuk makan siang kerumahnya yang beralamat Desa Batu Ampar.

Kemudian, Tar melihat bahwa api sudah besar dan asap sudah mengepul lalu sdra Tar berjalan dengan cepat dan langsung menghubungi Kepala Desa Batu Ampar dan memberitahukan bahwa ada kebakaran di salah satu kebun milik warga di simpang tiga Desa Batu Ampar.

Sekira pukul 13.20 Wib Kepala Desa Batu Ampar menghubungi sdra Tomy selaku BPBD Kecamatan Kute Siantan dan memberitahukan hal tersebut, kemudian sdr Tomy anggota BPBD Kecamatan Kute Siantan langsung memberitahukan melalui Group Karhutlah Polsek Palmatak mengenai hal kebakaran tersebut.

Setelah diberitahu Tomy, Kapolsek bersama dengan Personil Polsek Palmatak tiba di TKP bersama dengan Pihak Koramil 007 Palmatak, Pihak Kecamatan Kute Siantan, Pihak Desa Batu Ampar, Pihak Damkar Unit Palmatak beserta Masyarakat Desa Batu Ampar dan langsung bersama-sama melakukan pemadaman api dengan menggunakan air yang diangkat dengan menggunakan ember dari rumah saksi II, Sumarno.

Ibu Sarina (anak dari Ibu Asiah) selaku pemilik lahan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Polsek Palmatak, Pihak Kecamatan Kute Siantan, Pihak Damkar, Pihak BPBD Kec. Kute Siantan, Pihak Desa Batu Ampar dan seluruh Masyarakat dengan respon yang sangat cepat telah memadamkan api tersebut hingga selesai dan tanpa adanya kerugian Materil maupun kerugian Jiwa.

(Redaksi)

Komentar