Polda Kepri Amankan Silaturahmi Relawan Batam 

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dan Polresta Barelang Polda Kepri menerjunkan ribuan personel gabungan, untuk mengamankan rangkaian kegiatan Pam Tahapan Pemilu – Kampanye Capres Nomor urut 1 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Jum’at (19/1/2024).

Karo Ops Polda Kepulauan Riau, selaku Karendalopsda OMB Seligi 2023-2024 Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., mengatakan personel gabungan tersebut terdiri dari personil Polda Kepri dan personil Polresta Barelang Polda Kepri.

“Selain di Pasar jodoh Tos 3000, Personel pengamanan juga tersebar di beberapa titik termasuk diantaranya di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batu Aji dan di MTC Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam,” ucap Karendalopsda OMB Seligi 2023-2024 Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H.

Kemudian, Kapolresta Barelang Kombes Pol. Nugroho Tri N, SH, SIK, MH., mengungkapkan ada tiga pola yang kita terapkan dalam pengamanan hari ini, yaitu preemtif, preventif dan penegakan hukum, tapi kita utamakan preemtif dan preventif.

“Kami juga tadi menghimbau kepada ribuan simpatisan untuk menjaga keamanan, agar kegiatan konsolidasi ini berjalan lancar, tertib dan kondusif,” jelas Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH.

Menurut Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH., pengamanan ini bukan hanya untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum, tetapi juga bagian dari strategi preventif untuk memastikan kelancaran kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengedepankan netralitas dan objektivitas dalam menjalankan tugas pengamanan ini,” tegas Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk menanggulangi potensi konflik di antara pendukung partai politik atau kelompok. Kepolisian memiliki peran penting dalam menegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas proses politik.

Kepada personel juga ditekankan pentingnya menjaga netralitas dan objektivitas dalam menjalankan tugas serta menjaga keamanan ketertiban masyarakat.

“Pentingnya pengamanan kegiatan ini terlebih jelang Dua Puluh Lima (25) hari menuju Pemilu Tahun 2024 guna memastikan bahwa proses demokratis dapat berjalan dengan aman, lancar, adil, damai dan bermartabat,” tutup Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH.

(Rat/Red) 

Komentar