Polda Kepri Meriahkan Kirab Merah Putih di Jembatan I Barelang

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Dalam rangka Menyambut datangnya hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, Polda Kepulauan Riau mengikuti kirab Merah Putih yang bertema “SEMANGAT PENGABDIAN DAN SINERGITAS DILANDASI NILAI-NILAI PATRIOTISME KEBANGSAAN UNTUK INDONESIA MAJU” , di Jembatan I Barelang (Batam, Rempang, Galang). Senin (14/08/2023).

Rute kirab Merah Putih tersebut merupakan perjalanan yang melintasi beberapa lokasi penting di Batam, Kepulauan Riau.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., serta para pejabat utama (PJU) Polda Kepri, Forkopimda Kepri, TNI (dan eksternal Polri. Selain itu Berikut adalah rute kirab Merah Putih dan beberapa lokasi yang dilalui yaitu Temenggung Abd. Jamal, SPBU Batamindo, Mall Top 100, SPBU Cipta Asri, Mako Yonif 136/Ts, Damkar Tembesi, Dan berakhir di Dendang Melayu (Jembatan Barelang l  Batam).

Kegiatan Kirab Merah Putih adalah suatu perayaan yang bertujuan untuk menghormati perjuangan para pahlawan, meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta terhadap tanah air, memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat, serta mempromosikan budaya dan nilai-nilai Indonesia.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri (Kepolisian Republik Indonesia), dan instansi pemerintah lainnya, sehingga seluruh anggota dapat bersatu dalam semangat memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan dan bisa di ikuti oleh masyarakat kota Batam,” ucap Kabidhumas Polda Kepri  Kombes. Pol. Zahwani  Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Lebih lanjut, Melalui kegiatan kirab Merah Putih ini, saya berharap semangat dan makna dari warna-warna bendera Merah Putih. Merah yang melambangkan keberanian dan putih yang melambangkan ketulusan, dapat terus melekat di jiwa seluruh anak bangsa serta masyarakat kota Batam, untuk menjaga serta mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

Dengan begitu, kirab Merah Putih bukan hanya menjadi perayaan seremonial semata, tetapi juga menjadi momen yang berarti dalam memupuk semangat patriotisme, menghormati sejarah, dan meneruskan warisan perjuangan para pahlawan kepada generasi penerus Indonesia, ” tutup Kabidhumas Polda Kepri.

(Redaksi)

Komentar