Polres Bintan Pengamanan dan Monitoring Kampanye Pemilu 2024 

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Demi mensukseskan Pemilu 2024 mendatang, Personil Polres Bintan menerjunkan personilnya guna melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan Kampanye yang dilaksanakan oleh kontestan Pemilu 2024 di wilayah Hukum Kepolisian Resor Bintan, Sabtu (27/1/2024).

Pengamanan dilakukan oleh personel yang tergabung dalam Operasi Mantab Brata (OMB) Polres Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., melalui Kasi Humas Polres Bintan Iptu Missyamsu Alson menyampaikan, setiap tahapan Pemilu yang dilaksanakan di wilayah Polres Bintan dilakukan pengamanan oleh personel yang terlibat dalam Operasi Mantab Brata (OMB).

“Saat ini masih pada tahapan kampanye, seluruh kegiatan kampanye dalam bentuk apapun dilakukan pengamanan oleh personel, ” kata Kasi Humas.

Lanjut, Kampanye terbuka ataupun kampanye door to door tetap kita lakukan pengamanan, siapapun dan dari partai manapun yang melakukan kampanye kita lakukan pengamanan, ” ujar Iptu Alson.

Hari ini ada beberapa kegiatan kampanye yang dilakukan antara lain kampanye tatap muka yang dilaksanakan oleh calon legislatif DPRD Kabupaten Bintan dapil 1 yang melakukan kampanye tatap muka di desa Ekang Enculai kecamatan Teluk Sebong, selanjutnya calon legislatifdapil 2 juga melakukan kampanye door to door di perumahan Tanjung Permai, perumahan Taman surya kecamatan Seri Kuala Lobam.

IPTU Missyamsu Alson juga menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan dan monitoring dari Kepolisian saat kampanye melibatkan beberapa aspek, untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum.

Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses demokrasi berlangsung dengan aman, damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan dan ancaman.

“Tugas kita hanya melakukan pengamanan dan monitoring penyelanggaraan kegiatan kampanye tersebut dengan tujuan kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan tanpa gangguan kamtibmas, ” jelas Kasi Humas.

Ia pun menekankan kepada personil yang melakukan pengamanan pentingnya menjaga netralitas dan objektivitas dalam menjalankan tugas serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilu berlangsung.

Selain itu kata Kasi Humas, tujuannya untuk menanggulangi potensi konflik, dengan kehadiran polisi, potensi antar pendukung partai politik atau kelompok dapat di minimalisir bahkan dicegah, Kepolisian juga bertugas melakukan penegakkan hukum bersama Bawaslu dan Kejaksaan terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas Pemilu.

“Pentingnya pengamanan dalam kampanye partai politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokrasi dapat berjalan aman, lancar dan damai, bahwa Polri tetap Netral dalam melakukan pengamanan,” tegasnya.

Selain itu, Kasi Humas juga mengatakan, pengamanan yang dilakukan oleh Polres Bintan dalam tahapan kampanye ini merupakan bentuk komitmen Polri memastikan setiap tahapan Pemilu berjalan dengan aman dan lancar.

Diakhir, Iptu Alson mengajak kepada seluruh masyarakat utuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahapan kampanye pada pemilu 2024.

“Mari sama sama kita jaga kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahap kampanye Pemilu 2024 dan mari kita ciptakan Pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Bintan,” tutup Iptu Alson.

(Rat/Red)

Komentar