Proyek Pemasangan U-Ditch Dalam Genangan Air Dan Tanpa Papan Proyek

Penulis :

Jurnalutama.com (Jabar) – Proyek pembangunan U-Ditch di Jalan Pengasinan Rt. 03/01 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Dimana pemasangan U-Ditch tersebut dengan gaya baru dalam genangan air dan diduga tidak memasang pasir untuk lantai kerja. Proyek ini sama sekali tidak ada Papan Nama Proyek. Rabu (16/08/23).

Informasi yang dihimpun media ini menjelaskan, bahwa kontraktor pelaksana dari luar Kota Bekasi yaitu dari Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Kemudian, dalam investigasi media ini yang terjun langsung ke lokasi proyek ini dan menyaksikan penurunan U-Ditch dari mobil truck ke saluran sekaligus pemasangannya. Namun tak satu pun di lokasi proyek yang bisa memberikan keterangan, karena Mandor atau Pelaksana proyek sama sekali tidak berada di lokasi proyek.

Dalam penurunan material atau U-Ditch tersebut menimbulkan kemacetan arus lalulintas, karena terhalang dengan 2 unit kendaraan truck engkel yang sedang menurunkan U-Ditch.

Tetapi karena pembangunan saluran itu adalah kepentingan umum, para pengendara mobil dan motor yang lintas dari daerah itu, tidak ada yang berkomentar, hanya bisa gedek-gedek kepala dan mengusap dada.

Pelaksanaan proyek pembangunan saluran atau pemasangan U-Ditch itu, tidak terlihat pengawas dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi. Artinya, tidak ada teguran kepada pihak kontraktor kendati seperti itu pelaksanaan pekerjaan proyek yang disebut pemasangan U-Ditch gaya baru tersebut. Karena tidak ada pengawasan, para pekerja pun tinggal seenaknya pasang U-Ditch di atas genangan air yang diduga tidak sesuai spek karena tidak membuat lantai kerja.

Anjar selaku Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Bina Marga Kota Bekasi, yang dihubungi melakui telepon selulernya minta konfirmasinya seputar pelaksanaan pekerjaan pemasangan U-Ditch di Jalan Pengasinan, Rawalumbu itu, yang terkesan dikerjakan asal jadi, sama sekali tidak mau mengangkat teleponnya hingga berita ini diterbitkan belum bisa dikonfirmasi.

(Timbul Sinaga)

Komentar