Sat Binmas Polresta Tanjungpinang Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMAN 7 

Jurnalutama.com (Tanjungpinang)Sat Binmas Polresta Tanjungpinang melaksanakan penyuluhan Kamtibmas tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja, di SMA Negeri 7 Tanjungpinang, Selasa (14/05/2024).

Personil Binmas yang terlibat penyuluhan, Ps. Kanit Bhabinkamtibmas IPTU Helman, Ps. Kasubnit Binkamsa AIPTU Arif, Ps. Kasubnit Bhabinkamtibmas AIPDA Robert dan Ps. Kasubnit BRIPKA Rio.

Penyuluhan ini dimaksudkan untuk saling sharing dan memberi pemahaman kepada siswa-siswi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba.

Ps. Kasat Binmas Polresta Tanjungpinang AKP Narsanta melalui Ps. Kanit Bhabinkamtibmas IPTU Helman mengatakan, “Pergaulan bebas dapat merugikan diri sendiri, berdampak negatif bagi pelaku penyalahgunaan obat terlarang maupun dalam hal kenakalan remaja,” terangnya ke Siswa-siswi.

Menurutnya, Penyuluhan Sat Binmas Polresta Tanjungpinang ke sekolah tersebut merupakan tindakan preventif guna meminimalisir kenakalan remaja dan tindakan kriminal yang dilakukan oleh para remaja di Tanjungpinang.

“Saya menghimbau dan mengajak para guru agar para siswa-siswi dapat terhindar dari bahaya narkoba, sexs bebas maupun tindakan kriminalitas lainnya dengan cara melakukan perbuatan aktivitas yang positif, seperti mengisi waktu luang dengan hobby positif, belajar, mengasah bakat dan sebagainya,” tegasnya.

Pada kesempatan penyuluhan tersebut, mendapat respon yang aktif dari para siswa-siswi dengan melakukan sesi tanya jawab seputar kenakalan remaja dan bahaya narkoba.

“Yang mana penyalahgunaan narkoba diawali dengan tahap coba-coba, dibujuk rayu oleh teman se-pergaulan dengan dikatakan tidak gaul atau kampungan, sehingga dirinya menjadi terjerumus ke dalam barang haram tersebut hingga akhirnya ketergantungan. Oleh sebab itu, konsekuensi hukumnya, bagaimana cara pencegahannya dan cara penanganannya melalui rehabilitasi,” bebernya.

Lebih lanjut, perbuatan tindakan yang melawan hukum, tentu memiliki sanksi-sanksi hukum di Negara kita, oleh karena itu marilah kita menyayangi diri kita sendiri dengan menjauhi perbuatan kriminalitas dengan trend “ikut-ikut teman” serta kejarlah cita-cita maupun mengasah bakat-bakat yang anda miliki seyogianya seorang pelajar,” pungkas IPTU Helman.

(Ratih) 

Komentar