Sat Polairud Polresta Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Imbauan Keselamatan Berlayar Kapal Penumpang dan Barang

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Sosialisasi dilaksanakan di dua lokasi di Pelabuhan Rakyat Tanjungpinang di Plantar 2 dan di rumah-rumah pesisir Tanjungpinang.

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., melalui Kasat Polairud Polresta Tanjungpinang AKP Muhammad Akmal S.H., mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini merupakan imbauan keselamatan berlayar kepada pengusaha pelayaran pengguna jasa Maritim dan pengusaha masyarakat pesisir pantai serta nelayan. Agar apabila cuaca tidak memungkinkan seperti angin kencang dan ombak besar atau kondisi kapal melebihi kapasitas angkut.

“Sebaiknya anda menunda keberangkatan demi keselamatan diri dan penumpang, ” pesannya Kasat Polairud Polresta Tanjungpinang AKP Muhammad Akmal S.H., Senin (15/05/23).

Kemudian, memperhatikan kondisi dan kesiapan kapal apakah masih memenuhi kelayakan untuk berlayar. Yang perlu diperhatikan yakni wajib menyediakan life jacket (Pelampung) untuk dipakai penumpang dan awak kapal dalam situasi darurat. Apabila dalam situasi darurat para penumpang diharap untuk tetap tenang dan tidak panik ikuti petunjuk Nahkoda kapal.

“Apabila menemukan tindak pidana di perairan untuk laka laut agar segera menghubungi Pos Polisi terdekat atau Call center Polda Kepri 110. Ini call center bebas pulsa, ” ujar Kasat Polairud Polresta Tanjungpinang AKP Muhammad Akmal S.H.

Diakhir, Nahkoda harus memastikan penumpang dan ABK kapal memakai life jacket sebelum Kapal berangkat. Pelaksana kegiatan dipimpin Aipda Adi Sofia Erido Kasubnit Bimas Air Polairud PolrestaTanjungpinang.

(Redaksi)

Komentar