Siap Wujudkan Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju, Kanwil Kemenkumham Kepri Gelar Upacara Hari Lahir ke-78

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) – Tujuh Puluh Depalan tahun usia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kementerian Hukum dan HAM yang pada awalnya bernama Departemen Kehakiman pada Kabinet Presidensial yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno dan selanjutnya Prof. Dr. Mr. Soepomo diangkat sebagai Menteri Kehakiman pertama, yaitu pada tanggal 19 Agustus 1945.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Riau menggelar upacara Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM ke-78 (HDKD) Tahun 2023 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Saffar Muhammad Godam, Senin (21/08/23).

Upacara Peringatan Hari Lahir Kemenkumham ini diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Imigrasi, Pemasyarakatan dan Badiklat Hukum dan HAM Kepri, seluruh jajaran pegawai Kantor Wilayah, serta perwakilan dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis wilayah Tanjungpinang dan Bintan. Selain itu, juga turut hadir para tamu undangan dari unsur Forkopimda serta stakeholder terkait.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM. Dalam amanahnya menyampaikan, Tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Kemenkumham (HDKD) ke 78 Tahun 2023 yaitu “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju” .

Hal ini dapat dimaknai sebagai salah satu upaya merefleksikan semangat kita, segenap Insan Pengayoman diseluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas.

“Saya yakin dan percaya akan adanya perubahan kultur birokrasi yang luar biasa jika sana nilai – nilai yang terkandung dalam tata nilai dan semangat PASTI professional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif bukan hanya berada pada tataran jargon, namun bertemu pada muara n bertemu pada muara Impelementasi kita semua di lapangan, ” jelasnya.

Selanjutnya, bahwa pada momen peringatan ini, seluruh jajaran insan pengayoman telah menunjukan aksi nyata yang progresif. Namun, perlu diingatkan jangan sampai terlena serta cepat merasa puas dan akhirnya berhenti. Pertahankan capaian prestasi yang telah diraih.

“Teruslah pikirkan cara cara baru dengan berbagai terobosan kreatif dan inovasi baru untuk memberikan kemudahan dalam bekerja dan memberikan pelayanan publik bagi masyarakat, termasuk keberlanjutan program atas program yang telah ditetapkan, ” ungkapnya.

Terakhir beliau berharap peringatan Hari Kemenkumham ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali apa saja yang telah kita perbuat dalam pengadian ini, berbenah diri dan memperbaikinya apabila ada kekurangan.

“Teruslah menggelorakan semangat kolektif yang harmoni, sinkron, dan mampu berkolaborasi dari tiap-tiap insan pengayoman untuk mencapai satu tujuan Kemenkumham semakin berkualitas untuk Indonesia Maju”. Pungkasnya

Pada momen upacara Hari Lahir Kemenkumham (HDKD) Ke 78 Tahun ini, Kakanwil menyerahkan langsung Piagam Penghargaan kepada Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Riau atas kontribusinya dalam mendukung tugas dan fungsi Imigrasi dalam menangani TPPO di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

(Rat/Redaksi)

Comment