Bersinergi dengan APH, Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Gagalkan Penyeludupan Narkoba di Parkiran 

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal ini Polres Bintan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan dugaan narkoba jenis Sabu ke dalam Lapas, belum lama ini oleh satu Tersangka inisial TK (41) melalui CCTV Lapas. Dan Kasus ini juga sudah diungkapkan ke publik saat Gelar Konfeksi pers di Mapolres Bintan pada Kamis (16/05/24).

Hal ini dibenarkan Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Edi Mulyono kepada awak media ini, Sabtu (18/05/24).

“Keberhasilan upaya penggagalan masuknya narkoba ke Lapas ini adalah atas sinergitas dan kolaborasi kita dengan Aparat Penegak Hukum yakni Polres Bintan, ini juga bentuk upaya kita agar di Lapas ini bersih Narkoba, dan fokus dalam hal pembinaan, ” ujarnya.

Sedikit kilas balik kejadian pengungkapan penggagalan masuknya dugaan narkoba jenis Sabu ke dalam Lapas beberapa hari yang lalu pun diterangkan lagi oleh Edie Mulyono, bahwa ada seorang pria yang dicurigai sedang parkir di seputaran Lapas melalui hasil rekaman CCTV.

“Setelah kami perintah Wasrik (Pengawas dan Pemeriksaan) melalui CCTV kami curigai seorang laki-laki menggunakan motor dan setelah di periksa paket sabu, kami langsung koordinasi dengan pihak Polres Bintan, ” ungkapnya.

Sehubungan dengan itu, Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang bersama Satresnarkoba Polres Bintan melakukan penyisiran dan berhasil menemukan barang bukti Narkotika jenis Sabu dan tersangka sudah diamankan di Polres Bintan.

“Bersama Polres Bintan kemarin sudah kita laksanakan konferensi pers dan dijelaskan total keseluruhan sabu yang diamankan pihak Satresnarkoba Polres Bintan yaitu sebanyak 123,51 Gram dari ke-tiga TKP atas tersangka inisial TK tersebut, terkait hukum merupakan kebijakan dari APH, ” pungkas Edi Mulyono.

Bentuk sinergitas Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang dengan Polres Bintan dan Instansi terkait dalam upaya P4GN juga dibuktikan dengan adanya penandatanganan MoU di Lapas pada saat pelaksanaan Pembukaan Rehabilitasi Sosial kepada Warga Binaan yang diresmikan dan disaksikan langsung oleh KadivPas Kanwil Kemenkumham Kepri pada Kamis (16/05/24).

(Ratih)

Komentar