Staf dan Jajaran Lapas Kelas IIA Waingapu Ikuti Pelatihan Baris Berbaris dan Dalmas

Penulis :

Jurnalutama.com (NTT) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Waingapu mengadakan kegiatan pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan Pengendalian Massa (Dalmas) yang diikuti oleh Staf Lapas dan jajaran pengamanan, Senin (26/06/23).

Pelatihan ini diselenggarakan dengan kerjasama antara Lapas Waingapu dan Brimob Kompi 4 Batalyon C Sumba Timur.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, keterampilan, dan kerja sama antara pegawai lapas dan jajaran pengamanan dalam menghadapi situasi-situasi yang membutuhkan pengendalian massa. Selain itu, pelatihan PBB juga bertujuan untuk meningkatkan postur dan sikap tegap pegawai Lapas dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sesi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang melibatkan Staf Lapas. Para peserta diberikan pengetahuan dan latihan mengenai gerakan-gerakan PBB yang presisi dan sinkron, serta aspek-aspek penting seperti formasi, tanda komando, dan kerja sama tim. Instruktur dari Brimob Kompi 4 Batalyon C Sumba Timur memberikan arahan yang komprehensif dan mendetail dalam memastikan peserta mampu menguasai teknik-teknik Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dengan baik.

Selanjutnya, sesi pengendalian massa (Dalmas) dilaksanakan oleh jajaran pengamanan Lapas Waingapu. Peserta diberikan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dan strategi pengendalian massa yang efektif dan proporsional. Mereka juga dilatih dalam teknik penggunaan alat-alat pengendalian massa yang tepat, seperti tameng dan perisai, serta taktik pengamanan dalam menghadapi situasi yang berpotensi ricuh.

“Apresiasi kepada Brimob Kompi 4 Batalyon C Sumba Timur atas kerjasama dalam penyelenggaraan pelatihan ini, ” jelas Kalapas Kelas IIA Waingapu Wahyu Hidayat.

Selain itu, Kalapas juga berharap bahwa pelatihan ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi seluruh pegawai lapas dalam meningkatkan profesionalisme, kedisiplinan, dan kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan lapas.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pegawai lapas dan jajaran pengamanan Lapas Waingapu dapat bekerja secara sinergis dan efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lapas. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga binaan serta masyarakat sekitar, ” harap Wahyu Hidayat.

Lapas Waingapu berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pegawai lapas dalam menjalankan tugasnya.

“Kegiatan pelatihan seperti ini akan terus diadakan secara berkala guna menjaga kualitas pelayanan dan keamanan di Lapas Waingapu, ” tutup Wahyu Hidayat.

(Redaksi)

Komentar