Terobosan  Kreatif Ditlantas Polda Kepri: Anggota Harus Mampu Berbahasa Asing dalam Melayani WNA di Kepri

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Ditlantas Polda Kepri laksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan bahasa inggris (Wednesday in English) kepada Personel Ditlantas Polda Kepri yang dilaksanakan di RTMC Ditlantas Polda Kepri. Rabu (10/1/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kepri Kompol Adri Setiawan, S.I.K., AKP Shinta Ayu P., S.I.K., M.H., AKP Zuraida, AKP Kartijo, AKP Emsas, IPDA Tri M., dan anggota Ditlantas Polda Kepri.

Dalam kesempatan tersebut Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat, termasuk turis mancanegara. Melalui peningkatan kemampuan dasar Bahasa Inggris personel Ditlantas, diharapkan komunikasi dengan masyarakat lokal dan wisatawan asing dapat berjalan lebih lancar dan efektif sehingga pesan lalu lintas dapat tersampaikan dengan baik.

“Dalam era globalisasi ini, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris menjadi aset penting, terutama di daerah yang sering dikunjungi oleh turis. Hal ini tidak hanya mendukung aspek keamanan, tetapi juga memberikan citra positif terhadap pelayanan kepolisian kepada masyarakat umum,” kata Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto, S.I.K., M.Si.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kepri Kompol Adri Setiawan, S.I.K., yang memberikan pengantar mengenai materi pembelajaran. Materi pelajaran Bahasa Inggris mencakup aspek dasar grammar dan penerapan Pronunciation serta Contractions with be.

Lebih lanjut, tidak hanya teori pelatihan ini juga melibatkan praktek berbicara Bahasa Inggris antar anggota untuk meningkatkan keterampilan komunikasi internasional. Instruktur berkompeten memimpin sesi ini, memastikan partisipan memahami dan menerapkan materi dengan baik.

“Terakhir melalui kegiatan pelatihan Bahasa Inggris ini, Ditlantas Polda Kepri berkomitmen tidak hanya mendukung aspek teknis kepolisian, tetapi juga mengutamakan kemampuan interpersonal dan komunikasi personel. Ini mencerminkan visi Ditlantas Polda Kepri dalam menciptakan kepolisian yang adaptif, responsif, dan mampu memberikan pelayanan optimal kepada seluruh masyarakat,” tutup Kombes Pol Tri Yulianto,S.I.K.,M.Si.

(Rat/Red) 

Komentar