Tim Jibom Sat Brimob Polda Kepri Olah TKP Terkait Benda Asing Jatuh dari Udara

Penulis :
Kanal : Batam, Berita, Kepulauan Riau, Nasional872 Dilihat

Jurnalutama.com (Batam) – Sebuah benda berupa logam jatuh dari udara yang kemudian mengeluarkan serbuk putih, asap hitam pekat dan api. Kejadian tersebut terjadi di depan rumah seorang warga di Perumahan Pemda 2 Jln. Pulau Seruan No. 314 Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji kota Batam. Rabu (7/12/2022).

Menurut keterangan dari seorang saksi yang bermama Alfian, didapatkan informasi setelah benda itu terjatuh di depan rumahnya. Kemudian benda tersebut bergerak dengan sangat cepat.

“Benda tersebut mengeluarkan serbuk putih. Setelah benda bergeser dari titik awal sekitar 2 meter, selanjutnya benda tersebut langsung mengeluarkan asap hitam pekat dan tak lama terbakar, melihat hal tersebut saya pun langsung menyiramnya. Benda tersebut awalnya jatuh seperti dari arah atas rumah saya, lalu saat benda itu terjatuh pertama kali tidak adanya bunyi ledakan dan hanya benda jatuh saja, ” ungkap Alfian.

Atas insiden tersebut, tim Gegana Jibom (penjinak bom) Sat Brimob Polda Kepri langsung diturunkan ke lokasi tersebut guna mengecek kebenarannya.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si. membenarkan informasi adanya kejadian tersebut, kemudian mengkarifikasi bahwa benda yang jatuh tersebut bukan sebuah bom.

“Saya ingin meluruskan, benda itu bukan sebuah bom, melainkan sebuah benda yang terjatuh dari udara yang kemudian jatuh didepan rumah seorang warga dengan kondisi terbakar dan warga yang mengetahui hal tersebut langsung segera memadamkannya, ” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.

Selanjutnya, setelah tim Gegana Jibom (penjinak bom) Sat Brimob Polda Kepri diturunkan tim tersebut langsung melakukan pendalaman atau pemeriksaan terhadap benda tersebut dilokasi kejadian.

“Hasil Olah TKP dilakukan oleh Tim Jibom Sat Brimob Polda Kepri pada pukul 13.20-13.40 Wib. Berdasarkan analisa uni jibom terhadap barang temuan tersebut dengan melihat bentuk fisik dan ukuran bahwa barang tersebut adalah Roket Parasute Flare yang biasa di gunakan di perkapalan/pelayaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kami himbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan aktifitas seperti biasa, karna jajaran Polri di Polda Kepri akan memastikan situasi kamtibmas yang kondusif dan apabila masyarakat menemukan kejadian yang serupa atau kejadian apapun, agar segera menghubungi kantor Polisi terdekat dan kami akan segera merespon laporan tersebut, ” pungkas Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.IK., M.Si.

Untuk selanjutnya, benda berupa logam tersebut diamankan oleh tim Jihandak, dan proses penyelidikan sedang dilakukan oleh polresta barelang bersama Sat Brimob Polda Kepri

(Ratih)

Komentar