Wakajati Kepri Jadi Narasumber Rakernis Bawaslu di Batam, Ini Arahannya 

Penulis :

Jurnalutama.com (Tanjungpinang) –  Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Rini Hartatie, SH., MH., menjadi Narasumber dalam Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Barang Dugaan Pelanggaran yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau, di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Batam dan diikuti oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau beserta staf yang membidangi Penanganan Pelanggaran. Kamis (07/12/23).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Ronawati menyampaikan, “kita ketahui saat ini sudah masuk tahapan kampanye dimana potensi pelanggaran pada tahapan ini dapat terjadi dan kita antisipasi potensi kerawanan terjadinya pelanggaran ini dengan melakukan upaya-upaya preventif/pencegahan. Penindakan adalah ultimum remidium atau upaya terakhir yang akan kita lakukan jadi sebelum masuk ke penindakan maka upaya preventif itulah yang akan kita prioritaskan, ” ujarnya pada pembukaan kegiatan Rakenis Pengelolaan Barang Dugaan Pelanggaran.

Sementara itu, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Rini Hartatie SH., MH., dalam kesempatan ini memberi arahan, perlu adanya kerjasama jika ada temuan atau pelanggaran Pemilu, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dapat melakukan koordinasi dan dapat langsung dibahas bersama guna menentukan apakah temuan tersebut masuk dalam ranah pidana pemilu atau hukum lainnya/administrasi.

“Bawaslu berkoordinasi dengan Kejaksaan jangan sampai penanganan perkaranya diproses berulang kali, ” ungkapnya.

Harapannya, akan dilaksanakan zoom untuk pengelola di daerah guna menyamakan persepsi terkait barang dugaan pelanggaran, ” sambung Wakajati Kepri.

Wakajati Kepri juga mengarahkan pengelola barang di daerah tetap berkoordinasi dengan pusat agar tidak berbeda kebijakan dengan pusat penyelenggaraan Pemilu terkait dengan kepercayaan rakyat.

Dalam kegiatan Rakernis ini juga dihadiri oleh KPU Provinsi Kepulauan Riau Indrawan Susilo Prabowoadi, Priyo Handoko, Muhammad Sjahri Papene, Ferry Manalu dan Panit 1 Ditreskrimum Polda Kepri Ervin Fitrianingrum.

Di penghujung kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

(Redaksi)

Komentar