KRI Kapitan Pattimura -371 Dukung Ekspedisi Rupiah Berdaulat

Jurnalutama.com (Kepri) – TNI AL mengirimkan KRI Kapitan Pattimura-371 yang merupakan unsur Satkor Koarmada I untuk berpartisipasi dalam program ERB 2023. Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 merupakan program kerjasama antara TNI AL dan Bank Indonesia. Minggu (12/03/23).

Program ini bertujuan untuk mendistribusikan uang layak edar ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil), dimana daerah tersebut hanya bisa dijangkau melalui jalur laut, salah satunya melalui unsur-unsur TNI AL.

Adapun rute Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini akan melaksanakan ekspedisi dengan rute Batam-Tarempa-P.Midai – P.Subi – P.Tambelan-P.Singkep. Akan tetapi karena dihadapkan dengan cuaca dilaut yang kurang mendukung, akhirnya diputuskan Ekspedisi dilaksanakan dengan rute terbalik, dimana P. Singkep menjadi lokasi pertama yang disinggahi pada ekspedisi ini.

Dalam Ekspedisi ini uang didistribusikan melalui Bank setempat (Bank Riau Kepri Syariah) yang termasuk dalam daerah 3T.

Selain itu Tim juga membuka gerai bagi masyarakat untuk dapat melaksanakan penukaran uang secara langsung selama kapal singgah.

Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 juga melaksanakan sosialisasi dalam setiap kunjungannya, sasarannya adalah generasi muda yang masih mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Atas setempat.

Dalam kegiatan tersebut generasi muda dikenalkan tentang pentingnya mencintai mata uang rupiah yang merupakan salah satu cara menjaga kedaulatan NKRI.

Kegiatan lain yang dilaksanakan ialah kegiatan bakti sosial, dalam kesempatan ini tim Ekspedisi membawa paket sembako yang disebarkan kepada masyarakat yang membutuhkan selama kapal singgah di pulau terluar tersebut.

KRI Kapitan Pattimura-371 juga menggelar openship pada saat singgah di Pulau Subi Besar, dimana masyarakat diizinkan mengenal lebih dekat TNI AL dengan berkunjung langsung keatas kapal.

(Dspn Koarmada I/Red)

Comment