Polres Lamsel Gelar Pasukan Oprasi Ketupat Krakatau 2024

Penulis :

Jurnalutama.com (Lampung) – pengamananLebaran 2024 Polres Lampung Selatan bersama instansi pendukung melaksanakan gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Halaman Lapangan Korpri Pemda Lamsel. Rabu (03/04/24).

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yushriandi Yusrin sebagai inspektur upacara membacakan amanat Operasi Ketupat 2024 dari Kapolri dihadapan peserta apel yang terdiri dari Polri, TNI Kodim 0421, TNI Denpom AD, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Basarnas, HK, BPBD Lampung Selatan, Senkom, Pramuka dan instansi pendukung lainnya.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-POLRI dan seluruh stake holder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1445 H, “. ucap AKBP Yushriandi.

Personil yang dilibatkan yang terdiri dari petugas pengamanan Pos Operasi di Rest Area JTTS dan Jalur arteri lintas tengah dan lintas timur serta pengerahan satgas operasi Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

Dok.F/ Pasukan oprasi ketupat Krakatau 2024, sumber Humas polres Lamsel
Dok.F/ Pasukan oprasi ketupat Krakatau 2024, sumber Humas polres Lamsel

Dalam pengamanan ini Polres Lampung Selatan menerjunkan 201 personilnya dengan dukungan dari Kodim 0421/Ls 76 Pers, Dishub 60 pers, Pol PP 88 pers, Dinas Kesehatan 88 pers, BPDB 18 pers, Basarnas 18 pers, Senkom Polri 20 Pers dan pendukung lainnya.

Pengamanan Lebaran ini berbeda dengan kegiatan operasi lainnya, karena Polres Lampung Selatan melakukan pengamanan arus mudik dari pulau jawa menuju sumatra melalui pelabuhan Bakauheni Lampung, dan melewati wilayah Polres Lampung Selatan seperti JTTS, Jalinsum lintas tengah dan Jalinsum Lintas Timur.

Langkah yang dilakukan Polres Lampung Selatan yakni mendirikan sebanyak 13 Pos pengamanan yang tersebar di ketiga titik jalur yang akan dilintasi oleh pemudik.

2 Pos Pelayanan masyarakat pemudik yang berlokasi di Pintu Masuk Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Intan Natar Lampung Selatan.

11 Pos pengamanan yaitu Pos Pam RM. 3 Saudara Ketapang, Pos Pam Pelabuhan BBJ, Pos Pam Gayam, Pos Pam Exit Tol Sidomulyo, Pos Pam Merak Belantung, Pos Pam Tarahan, Pos Pam Pasir Putih, Pos Pam Rest Area KM.20B, Pos Pam RM. Kita, Pos Pam Rest Area KM.49B dan Pos Pam Rest Area KM.87B.

Disamping arus mudik dan balik, Polres Lampung Selatan juga harus mengamankan sejumlah lokasi wisata baik wisata pantai maupun lokasi hiburan yang menjadi sasaran berlibur selama libur lebaran 2024.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin berharap agar pelaksanaan pengamanan lebaran 2024 ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2024, selama 13 hari sejak tanggal 4 April hingga 16 April 2024. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 28 Maret -03 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada 17 April hingga 23 April 2023, “tutup AKBP Yushriandi Yusrin.

Komentar