Personil Polres Bintan Cek Langsung Lokasi dan Beri Bantuan Warga Terdampak Banjir Rob

Penulis :

Jurnalutama.com (Bintan) – Cepat dan tanggap terhadap banjir Rob yang melanda Kabupaten Bintan, Personil Polres Bintan turun langsung ke ke lapangan untuk memastikan keamanan warga serta pengaturan lalu lintas akibat fenomena alam banjir rob yang menggenangi di beberapa tempat Kecamatan Bintan Utara, Rabu (22/03/23).

Salah satu lokasi yang kena banjir Rob adalah di Kecamatan Bintan Utara, yang merupakan salah satu pusat keramaian yaitu pasar dan pertokoan serta perumahan tempat tinggal masyarakat.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M membenarkan bahwa hari ini dari pagi hingga siang hari adanya kenaikan air laut yang merendam jalan dan perumahan masyarakat.

” Naiknya air laut berdampak menggenangi perumahan warga yang tinggal di daerah Jalan. R.E. Martadinata, jalan Merdeka depan pelabuhan speed Bulang Linggi Tanjung Uban dengan ketinggian air setinggi ± 30 cm sepanjang ± 150 Meter dan Pasar Baru Kelurahan Tg. Uban Selatan genangan air setinggi sekitar 10 cm, ” jelasnya.

Selanjutnya, Personil kita tetap melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalan raya serta anggota kami siap untuk membantu evakuasi warga ataupun barang-barang jika air meluap terlalu tinggi. Alhamdulillah saat ini banjir Rob atau air pasang sudah berangsur surut, ” ucap Kapolres Bintan.

Untuk penanganan banjir Rob tersebut, Polres Bintan melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan atau desa, BPBD Kabupaten Bintan dan unsur terkait lainnya untuk selalu waspada dan siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan personil sudah siap.

Lebih lanjut, Menurut prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, di Kabupaten Bintan khususnya wilayah Polsek Bintan Utara dalam beberapa hari kedepan hingga tanggal 25 Februari 2023 akan berpotensi terjadi banjir Rob.

” Karena kondisi pasang air laut untuk wilayah pesisir Bintan Utara mencapai ketinggian gelombang laut  2,8 meter. Untuk itu diminta kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tetap selalu mengupdate perkembangan cuaca dari BMKG, ” pungkas Kapolres Bintan

(Ratih)

Komentar