Polda Kepri Gelar Olahraga Bersama Dengan Lintas Elemen Rangka Hari Bhayangkara ke-77

Penulis :

Jurnalutama.com (Batam) – Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Dataran Engku Putri Kota Batam Provinsi Kepulaun Riau menjadi saksi semaraknya acara olahraga bersama meliputi Jalan Santai, Fun Run, Fun Bike dan Fun Run Difabel yang diadakan oleh Polda Kepri. Minggu (25/6/23).

Kegiatan yang mengambil tema “Polri Presisi untuk Negeri Mewujudkan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju” ini dilaksanakan bersama dengan lintas elemen. Diantaranya dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., Komisioner Kompolnas RI, Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., Irjen Pol. (Purn.) Dr. Aris Budiman, M.Si., Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Walikota Batam, pangkogabwilhan 1 (diwakili), Sekda Prov. Kepri, Wakil Ketua 3 DPRD Provinsi Kepri, Ka Zona Kamla Maritim Barat (diwakili). Danlantamal IV Batam (diwakili), Wakapolda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolresta Barelang dan Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) serta diikuti oleh peserta dari TNI-Polri, Forkopimda, dan masyarakat umum.

“Lebih dari seribu peserta dari berbagai kalangan, termasuk TNI-Polri, Forkopimda, dan masyarakat umum berpartisipasi dalam acara ini. Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan proses registrasi peserta melalui meja registrasi yang telah disediakan. Terdapat empat meja registrasi yang memudahkan peserta mendaftar untuk mengikuti kategori jalan santai, Fun Run, Fun Bike, dan lomba Fun Run Difabel, ”  ucap Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.

Setelah proses registrasi selesai, acara dibuka dengan kata sambutan dari Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si., yang menyampaikan pada pagi yang cerah ini, kita masih bisa berkumpul bersama sama dan berjumpa dalam suasana penuh dengan kegembiraan dan penuh ceria menyongsong persiapan perlombaan dalam kegiatan Hari Bhayangkara ke-77 pada tanggal 1 juli 2023.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini dan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mempererat kerja sama antara TNI-Polri, Forkopimda dan masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayah Kepri, khususnya di Kota Batam, ” pungkas Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, M.Si.

Selanjutnya, peserta yang telah selesai registrasi memulai kegiatan Fun Run dengan jarak 10 KM, diikuti oleh 500 peserta yang menunjukkan semangat dan antusiasme mereka. Selain itu, Fun Bike dengan jarak 12 KM juga menarik perhatian dengan partisipasi 600 peserta. Jalan santai dengan jarak 3 KM diikuti oleh 300 peserta, sementara lomba Fun Run Difabel dengan jarak 3 KM melibatkan 100 peserta yang menampilkan semangat juang yang luar biasa, ” ujar Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.

Tarian festival kearifan lokal menjadi hiburan yang memukau peserta dan penonton. Penampilan tarian dari beberapa daerah tersebut juga menggambarkan keaneka ragaman suku bangsa yang terdapat di Kepulauan Riau.

Sementara stand Bazar UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menjadi tempat yang ramai dikunjungi dengan beragam produk unggulan yang ditawarkan, dan kedepannya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Kepri.

Acara mencapai puncaknya dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dalam berbagai kategori. Juara pertama, kedua, dan ketiga diberikan kepada peserta Fun Run 10 KM dari kategori TNI-Polri pria dan wanita, serta peserta umum pria dan wanita, Lomba Fun Bike, Jalan santai dan lomba Fun Run Difabel.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga menyediakan doorprize sebanyak 70 hadiah. Peserta berkesempatan memenangkan 60 hadiah hiburan dan 10 hadiah utama yang diundi pada acara tersebut.

Seorang peserta Fun Bike yang juga merupakan Komisioner Kompolnas RI, Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., mengungkapkan, ” Pasrtisipasi saya dalam perlombaan Fun Bike dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 di Dataran Engku Putri sungguh luar biasa. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari acara ini dan berolahraga bersama ribuan peserta lainnya, ” katanya.

Perlombaan Fun Bike dengan jarak 12 KM benar-benar menguji kekuatan fisik dan mental saya. Meskipun melelahkan, semangat dan dukungan dari sesama peserta serta penonton membuat saya tetap bersemangat.

Tidak hanya itu, suasana persaudaraan yang tercipta antara peserta TNI-Polri, forkopimda, dan masyarakat umum sungguh mengesankan.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi saya untuk menikmati keindahan kota Batam sambil menjaga kebugaran tubuh. Rute yang disiapkan sangat menyenangkan, dan saya dapat berinteraksi dengan peserta lainnya dalam suasana yang santai dan penuh keceriaan.

“Acara ini juga memberikan ruang bagi peserta difabel untuk berpartisipasi dalam lomba Fun Run Difabel. Saya sangat terinspirasi oleh semangat dan ketekunan mereka dalam menghadapi tantangan. Mereka adalah teladan sejati bagi kita semua, ” tutur Komisioner Kompolnas RI, Irjen Pol. (Purn.) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M.

Lebih lanjut, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia atas penyelenggaraan acara yang sukses ini. Segala persiapan yang dilakukan dengan baik dan kerjasama yang terjalin di antara semua pihak membuat acara ini berjalan lancar dan mengesankan. Saya sangat menikmati pengalaman ini dan berharap dapat berpartisipasi dalam kegiatan serupa di masa depan, ” ucapnya.

Kabid Humas Polda Kepri mengatakan olahraga bersama ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat hubungan antara TNI-Polri, Forkopimda, dan masyarakat umum.

“Kami berharap semangat dan kebersamaan yang terpancar dalam acara ini dapat terus dijaga dan diperkuat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kepri. Terima kasih kepada seluruh peserta, para pemenang, serta semua pihak yang telah berperan dalam suksesnya kegiatan ini. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang untuk mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat, ” tutup Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H.

(Redaksi)

Komentar